Hati-hati Penggunaan Inspect Element Di Aplikasi Dapodikdas

Informasi berikut ini semoga saja menjadi pelajaran dan pemahaman bagi saya dan rekan-rekan operator semua yang pernah menggunakan inspect element untuk mengubah data disable pada aplikasi dapodikdas.

Penjelasan tentang Logika sederhana untuk memahami permasalahan inspect element

Inspect Element adalah script HTML yang berfungsi sebagai penerjemah bahasa pemrogrman(Perl,Phyton, PHP, Dll) kedalam brwoser local sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi berbasis web.

Inspect Element akan menampilkan segala perubahan baik data ataupun interface setelah brwoser local terhubung dengan server/Proses Update, artinya, ketika browser tidak terhubung dengan jaringan internet, maka inspect element akan menampilkan bentuk lama sebelum ada perubahan pada server, inspect element yg tidak permanen inilah yang disebut dengan Internet Temporary Files/History.

Hati-hati Penggunaan Inspect Element Di Aplikasi Dapodikdas

Pertanyaan terkait penggunaan Inspect element pada aplikasi dapodikdas :

    1. Setelah memperbaiki data dengan menggunakan inspect elemen apakah data di server akan ikut berubah ?
    2. Lalu kenapa setelah di lakukan sync data perbaikan inspect element terlihat masuk ke dalam server/terinput perbaikan ?

Jawaban :

1. Aplikasi berbasis web memiliki prosedur-prosedur yang tidak bisa di terjemahkan dalam inspect element dan prosedur tersebut berada di server/Server side Programing, dimana setiap kolom input mengacu kepada kolom database yang menggunakan akses keamanan ketika akan dilakukan perubahan-2 data nya

2. ketika dilakukan sync pada browser local, terjadilah transaksi pengiriman data keserver, dan perbaikan data yang dilakukan pada inspect element akan terdeteksi sebagai inputan data baru karena proses query membaca inputan berbeda pada kolom-2 yang sudah dinyatakan dilock di aplikasi dapodikdas, sehingga terjadilah data ganda di server verval PDSP.

Tentang Inspect Element, ini komentar Bapak Taufik Lone ( master dapodikdas ) "perubahan data dengan inspect element bisa di katagorikan ilegal apabila di gunakan untuk keperluan/kepentingan publikasi, karena perubahan-2 dilakukan tanpa konfirmasi dari database, silahkan di cermati UU-ITE No. 11 thn 2008, pasal 4 s/d pasal 6"

Perlu dipahami juga inspect element hanya sebagai open source / sistem terbuka yang disediakan oleh aplikasi dan tidak merubah pada induk VBA nya. sebagai contoh, lihat pada google chrome atau mozila kan ada inspect elemennya. semoga bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Hati-hati Penggunaan Inspect Element Di Aplikasi Dapodikdas"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.