Dapodikdas Sumber Pendataan Resmi Tahun 2015

Data Pokok Pendidikan Dasar ataupun menengah ( Dapodikdas & Dapodikmen ) tampaknya akan menjadi satu-satunya sumber pandataan resmi bagi pihak pusat. Hal ini tentu menjadi tugas berat para operator sekolah dalam mempertanggungjawabkan kevalidan data di sekolah yang dikirim ke pusat. Untuk itulah saya pribadi berharap semoga kita bisa mengatasi segala permasalahan yang berhubungan dengan aplikasi dapodikdas, dapodikmen, vervalpd dan sebagainya.

Setiap kali Aplikasi Dapodikdas update ke versi baru, menurut saya inilah bukti bahwa pihak pusat menunjukkan keseriusannya dalam memperoleh data yang benar-benar valid dari tiap sekolah. beberapa kasus terjadi pada versi aplikasi sebelumnya misalnya sulitnya sinkronisasi, banyak data ganda, antara data di aplikasi dan progres pengiriman di situs dapodikdas.kemdikbud.go.id tidak sesuai.

Pada Dapodikdas versi 3.0.0 masih banyak rekan operator mengalami masalah misalnya saja Data ganda tidak bisa dihapus, kolom data priodik tidak muncul, kesulitan perbaikan nama dan tempat tanggal lahir siswa karena tabel di lock juga proses perubahan NISN yang salah di vervalpd. Semua kasus tersebut dijadikan acuan oleh tim teknis pusat untuk lebih teliti lagi dalam relase aplikasi baik itu dapodikdas maupun dapodikmen.

Setelah terbitnya Dapodikdas versi 3.0.1 masih saja ada kasus yang dialami para operator misalnya kesulitan dalam memindahkan data peserta didik/PTK baru ke dalam tabel utama. Untuk mengatasinya pihak pusat memberikan saran agar melakukan sinkronisasi sebanyak 3 kali. Namun di sisi lain, update aplikasi dapodikdas versi 3.0.1 membuat para operator lega. Mereka bisa melakukan perbaikan nama dan tanggal lahir yang salah tanpa melalui proses vervalpd.

Adapun info dari salah satu peserta Bimbingan teknis Dapodikdas dan vervalpd di Bogor "Roosalina BienYo" dalam sebuah postingnya melalui status facebook. Beliau menyampaikan informasi dari pembawa materi tim pusat bapak Yusuf Rokhmat mengatakan :

1. DAPODIKDAS menjadi satu-satunya pendataan Kementrian pendidikan dan kebudayaan ( kemdikbud ) sejak diresmikan oleh wakil presiden kita Bapak Budiono pada tanggal 15 Oktober 2014.

2. Awal 2015 dana Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ) akan diambil dari data DAPODIKdas. Beliau mengatakan "sudah ketuk palu (sah dan resmi tidak ada tawar menawar lagi)".

3. VervalPD harus dituntaskan terutama untuk data kelas 6, 9, 12 calon peserta UN dan jangan melakukan sinkronisasi saat deadline, lakukan jauh hari sebelumnya untuk menjamin data masuk ke server pusat. Selain itu, Akan hadir aplikasi raport yang terintegrasi dengan Aplikasi DAPODIKDAS.

4. Pembina pramuka akan dihargai 2 jam pelajaran (juknis sedang disusun) juga dalam juknis BOS 2015 akan diperbolehkan dana BOS pembelian laptop untuk menunjang pendataan (dapodikdas).

5. Untuk rekan operator dapodikdas teruslah semangat dalam bekerja, karena Sedang dibahas kemungkinan insentif operator perbulan secara rutin.

Demikianlah info pendidikan dalam artikel singkat ini. semoga bermanfaat dan memotivasi kita dalam bekerja. Akhir kata sekian dan terima kasih. Salam satu data Operator Sekolah yaitu Dapodikdas.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Dapodikdas Sumber Pendataan Resmi Tahun 2015"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.