Cara Membuat Kartu Identitas PTK Dapodikdas

Jika kita bisa mencetak kartu NUPTK lewat sistem padamu negeri, maka rekan operator sekalian juga bisa mencetak kartu Identitas PTK dengan cara kreatif yaitu menggunakan aplikasi E-dapodik. Pembuatan kartu identitas ini sangatlah sederhana, kita cukup mengambil file PTK melalui website resmi dapodikdas lalu menggabungkannya dengan aplikasi ini.

Adapun kartu identitas PTK ini berisi Nama, Nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan ( NUPTK ), Alamat, Nomor registrasi guru ( NRG ), Karpeg, Email dan tempat tanggal lahir. Jadi sewaktu ptk memerlukan data-data tersebut. Mereka tinggal melihatnya melalui kartu ini, sehingga kita sebagai operator telah mempermudah guru/pegawai di sekolah anda.

Untuk membuat kartu identitas PTK dengan aplikasi E-dapodikcard, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah

  1. Pertama kita akan mengambil Data Sekolah anda. Caranya Masuk ke website resmi dapodikas kementerian pendidikan dan kebudayaan melalui alamat berikut ini : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/
  2. Pada kolom cari masukkan NPSN sekolah anda.
  3. gambar Cara Membuat Kartu PTK Dengan Aplikasi E-Dapodik
  4. Pada halaman selanjutnya masukkan kode registrasi sekolah anda lalu klik tombol "buka"
  5. gambar Cara Membuat Kartu PTK Dengan Aplikasi E-Dapodik
  6. Selanjutnya arahkan kursor anda kehalaman paling bawah lalu klik tombol download untuk mendapatkan data identitas PTK.
  7. gambar Cara Membuat Kartu PTK Dengan Aplikasi E-Dapodik
  8. Selanjutnya buat folder baru dengan nama "Kartu PTK" di drive komputer anda, misal di D lalu masukkan file data sekolah yang sudah anda download tadi ke dalam folder "kartu PTK"
  9. Langkah berikutnya, silahkan Download 2 file aplikasi pembuat kartu Identitas PTK melalui link di bawah :
    - download file 1 dan file 2
  10. Masukkan juga file tersebut kedalam folder "kartu PTK", sehingga hasilnya terlihat seperti gambar dibawah
  11. gambar Cara Membuat Kartu PTK Dengan Aplikasi E-Dapodik
  12. Jika sudah berhasil, buka file dengan nama "e-Dapodik card". caranya klik kanan mouse lalu pilih "run as administrator"
  13. Klik tombol "yes" dan aplikasi akan terbuka
  14. gambar Cara Membuat Kartu PTK Dengan Aplikasi E-Dapodik
  15. Selanjutnya pada laman aplikasi, klik "kolom pilih file" lalu pilih file sekolah xlsx anda tadi kemudian klik tombol "koneksi"
  16. gambar Cara Membuat Kartu identitas PTK Dengan Aplikasi E-Dapodik
  17. Jika aplikasi berhasil terkoneksi dengan file dapodikdas tadi, maka akan muncul data-data PTK seperti gambar dibawah ini.
gambar Cara Membuat Kartu Identitas PTK Dapodikdas

Untuk hasil yang lebih sempurna silahkan tambahkan Gambar PTK yang bersangkutan dengan cara klik tombol add foto. Ukuran/resize yang disarankan adalah 250x300. Setelah selesai menambahkan foto, selanjutnya klik tombol "cetak kartu" untuk melihat hasilnya.

gambar Cara Membuat Kartu Identitas PTK Dapodikdas

Adapun untuk lebih jelasnya silahkan pelajari lebih lanjut tentang cara mengedit ukuran foto kartu identitas PTK.

Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih telah membaca artikel singkat ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sekolah anda.

Sumber aplikasi cetak kartu identitas PTK E-card : http://nurhayatimualif.blogspot.com/2014/11/e-dapodik-card-bukan-sekedar-kartu_18.html

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Cara Membuat Kartu Identitas PTK Dapodikdas"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.