Hasil TOT Dapodikdas Angkatan Pertama

Inilah Kabar terbaru Dapodikdas dari website resmi kemendikbud terkait kegiatan Training of Trainers (TOT) Sistem Pendataan Pendidikan Dasar Angkatan Pertama yang dilaksanakan di kota bogor. Bapak Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Hamid Muhammad saat pidato memberikan pengarahan serta pencerahan kepada peserta TOT. Menurutnya dapodikdas sangat penting.

Dapodikdas

Dengan adanya aplikasi Dapodikdas, kita tidak perlu bekerja seperti dulu. Selain itu beliau mengatakan, sebelum kelahiran Dapodikdas, pola pendataan yang dilaksanakan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (saat itu nomenklaturnya adalah Departemen Pendidikan Nasional, red) masih manual. Pendataan dimulai dari pengisian kuesioner di sekolah, kemudian direkapitulasi di dinas pendidikan kabupaten, lalu dikirimkan ke dinas pendidikan provinsi, dan terakhir diserahkan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Perjalanan data yang berjenjang ini, memakan waktu yang lama dan menguras tenaga.

Sehingga waktu itu, ketika Pusat Data dan Statistik mengeluarkan rekap data tahunan, itu selalu terlambat dua tahun. Jadi yang dikeluarkan tahun ini adalah data dua tahun yang lalu. Nah, itulah kenapa kita akhirnya bertekad membangun sistem pendataan (Dapodikdas, red) ini secara susah payah,

Beliau berinisiatif memberi instruksi kepada semua direktur yang berada di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar untuk senantiasa berpijak pada Dapodikdas, baik saat melaksanakan perencanaan atau pelaksanaan program pendidikan.

Saya sudah minta kepada semua direktur, nanti yang namanya perbaikan sekolah rusak, itu tidak lagi melalui proposal. Ini prosesnya cepat, dan bisa segera kita lakukan perbaikan-perbaikan sekolah tanpa harus menunggu banyaknya proposal yang masuk, tegas Hamid. Sehingga direktorat itu tidak terlalu susah melakukan penilaian satu demi satu proposal yang masuk agar tidak lagi makan tempat dan tenaga. Nah ini nanti yang akan kita sinkronkan dengan program-program lain yang akan kita lakukan agar program tersebut lebih efektif dan efesien.

Sumber : http://dikdas.kemdikbud.go.id/index.php/dapodikas-dorong-program-lain-lebih-efektif-dan-efisien/