Cara Perbaikan Data NUPTK Yang Tidak Sama Dengan Data P2TK Dikdas

Apakah rekan-rekan sudah cek status Data NUPTK di Situs Info PTK ? lalu apakah data yang anda entri di aplikasi dapodik sudah sama dengan data yang ada di database P2TK dikdas ? Jika belum silahkan melakukan pengecekkan terutama bagi guru yang telah sertifikasi, karena kita ketahui bahwa NUPTK merupakan salah satu syarat dari pencairan tunjangan Sertifikasi Guru. Jadi lebih cepat lebih baik sebelum terlambat.

Adapun bagi bapak/ibu guru yang ingin mengecek valid atau tidaknya NUPTK tersebut, tapi belum tahu caranya bisa mengikuti langkah-langkah di bawah.

Pertama silahkan menuju halaman info PTK melalui alamat berikut ini http://223.27.144.195:8081/(tips : angka 8081 bisa anda ganti dengan 8082 atau 8083 dan 8084 apabila 8081 tidak bisa terbuka)

Langkah kedua loginlah menggunakan username dan password serta memasukkan kode captha sesuai dengan petunjuk yang tersedia di halaman info PTK tersebut.

Setelah berhasil masuk di bagian tabel Status NUPTK Pada database NUPTK, klik tombol "status NUPTK". nah, di dalam tabel status NUPTK akan ditampilkan data NUPTK berdasarkan Data dapodik dan Database P2TK. Lalu coba lihat keterangan valid atau tidaknya di bagian bawah tabel.

gambar status NUPTK

Adapun selain data NUPTk, anda juga harus mengecek data lain seperti Nama dan tanggal lahir Guru Tersebut sehingga nantinya tidak terjadi masalah dengan pencairan tunjangan sertifikasinya. Jika setelah anda cek data PTK tersebut berbeda, maka segera lakukan perbaikan dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh bapak Nazarudin Kompetan berikut ini

1. Jika nuptk tidak sama, maka akan keluar dua tabel, Lihat pada tabel jika pada tabel pertama nuptk pada database ada isinya... Lihat mana yang tidak sama. Perbaikan tidak harus datang ke jakarta. Lebih utama kolektifkan melalui op simtun dengan menyerahkan berkas Kartu keluarga, Ijazah terakhir dan Sertifikat pendidik.

2. Jika mau dikirim langsung Berkas diatas di tambah dengan surat keterangan/rekomendasi dinas pendidikan lalu Kirim ke p2tk.

3. Jika tabel pertama kosong pada kolom database. Artinya nuptk tersebut tidak terdaftar di database nuptk. Apabila PTK tersebut sudah sertifikasi silahkan koordinasi dengan op simtun !

Catatan :
Op simtun tidak bisa memperbaiki data, Mereka cuma mengkolektifkan berkas saja yang nanti dibawa kepusat. Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...