Penyebab Jumlah PTK Di Situs Data Referensi Kemdikbud Tidak Sama Dengan Yang Ada pada Aplikasi Dapodikas

Apakah rekan-rekan OPS sudah mengecek kevalidan jumlah data PTK dan Peserta Didik (PD) di situs data Referensi kemdikbud ? Lalu setelah anda cek apakah data tersebut sudah sesuai dengan jumlah PTK dan Peserta Didik yang ada di Aplikasi Dapodik dan Verval PD yang anda entri ? inilah topik yang akan saya tulis di blog ini, semoga saja setelah membacanya sahabat operator sekolah mendapat sedikit pencerahan.

Baiklah, bagi anda bapak ibu yang belum tahu cara masuk ke situs data referensi kemdikbud untuk mengecek kevalidan jumlah data PTK dan PD di sekolah anda, berikut ini langkah-langkah yang bisa anda ikuti.

Pertama masuk ke situs sdm kemdikbud melalui alamat ini : http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Selanjutnya login dengan username dan password yang telah terdaftar di verval pd. Apabila belum perbah mendaftar, maka operator sekolah harus mendaftar terlebih dahulu.

Setelah anda berhasil masuk, pada halaman sdm-PDSP klik menu "instansi" lalu pilih "satuan pendidikan". nah, ketik NPSN sekolah anda lalu klik tombol "filter" seperti gambar di bawah

gambar website sdm-pdsp gambar menu website sdm-pdsp

Pada halaman hasil pencarian satuan pendidikan klik tulisan "referensi" di sebelah kanan untuk melihat jumlah PTK dan PD sekolah anda.

gambar referensi data

Jika diminta login, gunakanlah username dan password yang sama. nah, selanjutnya anda akan dibawah ke halaman data referensi satuan pendidikan Sekolah anda. Untuk melihat jumlah PTK dan PD pilih satu data yang akan di cek tepatnya di bawah tulisan "link terkait master referensi"

gambar sdm-pdsp
gambar data PTK di Referensi kemdikbud

Setelah anda melihat jumlah dan data PTK di halaman data referensi DAFTAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PTK). Apakah telah sesuai ? atau ada Nama PTK yang tida terdaftar di sana ? Silahkan anda cek, jika memang ada, maka tidak perlu khawatir, karena data PTK yang ada di data referensi tersebut adalah PTK yang telah memiliki Nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK) itulah jawabannya.