11 Cara Belajar Efektif yang Baik Bagi Peserta Didik

11 Cara Belajar Efektif yang Baik Bagi Peserta Didik - Sahabat pendidikan, tahun pelajaran 2014/2015 sebentar lagi akan berakhir. Oleh karena itu ada baiknya kita mengajak para peserta didik mempersiapkan diri mereka dalam segala hal diantaranya buku pelajaran, buku tulis, sepatu atau baju seragam. Walaupun demikian hal yang tak kalah pentingnya perlu diperhatikan (schedule) pencapaian misalnya saja target apa yang akan dicapai?. Selain itu membuat jadwal harian juga penting untuk mencapai target tersebut.

Jika peserta didik ingin mahir dalam berbahasa inggris, maka yang harus dilakukan adalah menghafal kosa kata perhari dengan metode belajar berapa kata yang mampu dihafal perhari sehingga mereka akan tahu seberapa baik mutu pembelajarannya. Selain itu, melakukan perbandingan nilai dari semester awal hingga sekarang juga penting, apakah terjadi penurunan ataukah peningkatan pada peserta didik ?

Pada tulisan kali ini saya akan berbagi beberapa tips bagaimana cara belajar yang efektif dan baik bagi peserta didik yang akan menjadi generasi peserus bangsa nantinya. Dan semoga saja bisa membantu dalam meningkatkan kinerja pembelajaran di sekolah, berikut ini beberapa cara Belajar Yang Baik Benar Dan Efektif Agar Cepat Paham.

gambar peserta didik

1. Membiasakan diri mengulangi kembali materi pelajaran yang telah diajarkan oleh guru dengan metode membaca singkat dua halaman materi berikutnya kemudian cari (kerangka berpikir/mind map?) atau ulasanya saja sehingga ketika guru menerangkan kembali pelajaran tersebut mereka akan ingat tentang gambaran atau Konsep dasar pelajaran tersebut.

2. Pada saat guru menjelaskan pelajaran biasakan untuk konsentrasi dengan materi pelajaran yang disampaikan. Abaikan terlebih dahulu teman-teman di kelas sehingga bisa mendengarkan pelajaran dengan baik. Cara belajar ini memang bagus bagi peserta didik yang berkeinginan untuk memahami apa yang disampaikan gurunya, bahkan bertanyalah apabila materi yang disampaikan kurang dimengerti. Biasanya materi yang disampaikan guru pada saat menjelaskan pelajaranlah yang lebih sering keluar pada saat ujian.

3. Mengetik ulang catatan pelajaran ke dalam komputer sama halnya dengan membaca ulang pelajaran yang baru saja didapat dari sekolah sehingga materi tersebut bisa tersimpan di memori otak dalam jangka waktu yang lebih lama. Untuk lebih efektif lagi, cobalah mempelajari kembali materi tersebut setelah selesai diketik.

4. Membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari dengan kalimat atau penjabaran sendiri. Gunakan teknik menghapal dengan catatan di kertas dan agar lebih mudah tersimpan dimemori otak akan lebih bagus bila peserta didik biasa menghafal setelah selesai shalat subuh.

5. Persiapkan buku catatan yang berbeda pada setiap mata pelajaran agar lebih teratur ketika peserta didik akan mengulang materi pelajaran sehingga catatan tidak menumpuk dan kesulitan ketika ingin mencari bahan yang akan dipelajari.

6. Metode Mengulang atau menghafal pelajaran suatu dengan menghadap ke cermin atau dengan kerja kelompok merupakan cara yang efektif untuk membuat peserta didik lebih paham dan selalu ingat dengan materi tersebut.

7. Biasakan peserta didik belajar sebulan sebelum ulangan atau ujian sekolah dimulai sehingga mereka bisa mendapat waktu lebih untuk mengulang materi pelajaran yang sulit diingat. Jika materi yang dipelajari banyak, perkirakan dari awal kira-kira berapa lama waktu yang diperlukan untuk memahaminya.

8. Aturlah kembali jadwal belajar peserta didik sehingga mereka mampu membedakan mana waktu belajar, bermain, istirahat, dan refreshing otak. Ini juga berguna untuk mengatur waktu serta menjaga kesehatan mereka, karena seperti kita ketahui setiap orang memiliki kemampuan menyimpan memori yang terbatas apabila dipaksakan konsentrasinya akan buyar. Jika sudah terjadi demikian yang susah kan orang tua.

9. Di zaman teknologi dan maraknya gadget terbaru saat ini anak cenderung hobi bermain game daripada belajar, oleh karena itu sebagai orang tua kita harus mampu membimbing mereka mana hal-hal penting dan positif yang boleh dilakukan anak pada kemajuan teknologi. Jika sudah terlanjur membelikan mereka gadget dan penyakit hobi bermain game telah menyebar pada otak anak maka sarankan mereka untuk mencari game yang bisa mendukung kegiatan belajar serta mempertajam daya ingat mereka.

Baca juga artikel tentang 3 game android yang bisa membantu mempertajam otak.

10. Peserta didik juga bisa merangkum materi pelajaran dengan cara membuat catatan-catatan penting dengan beberapa warna pada setiap sub materi/bab yang berbeda. Sehingga peserta didik lebih mudah mengingat setiap sub materi/bab dengan warna tersebut. Atau peserta didik juga bisa menandai materi penting pada buku paket mereka dengan stabile/highlighter atau pena warna yang mereka miliki sehingga mempermudah mereka untuk menemukan materi penting pada buku paket.

11. Jika peserta didik mempunyai konsep belajar dengan cara mendengar bukan membaca. Mereka bisa menggunakan cara belajar sambil mendengarkan musik mellow/easylistening sehingga otak mereka menjadi lebih rileks saat belajar. Pada saat otak manusia rileks akan lebih mudah menerima pelajaran. Atau mereka bisa merekam materi pelajaran dengan handphone/gadget mereka, jadi mereka bisa mempelajari materi pelajaran setiap saat dan bisa didengar berulang-ulang sampai mereka bisa menghafalnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...