Proses Penyatuan Padamu Negeri Dan Dapodik Selesai Dalam Sebulan ke depan

Info Dapodik berikut ini merupakan kabar gembira bagi sahabat operator sekolah indonesia yang memang merasa galau dengan pengerjaan 2 sistem pendataan yakni aplikasi dapodik dan padamu negeri. Namun sekarnag tidak perlu galau lagi, karena Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan Surat Keterangan Penugasan kepada Tim Ad Hoc yang bertugas menyatukan data Padamu Negeri dengan Dapodik. Dan kabar terbaru yang saya baca sekaligus tukang ketik kutip dari website resmi dikdas kemdikbud, proses penyatuan kedua aplikasi tersebut selesai satu bulan kedepan. Jadi mulai tahun ajaran 2015/2016 ops cukup fokus ke aplikasi dapodik saja. berikut ini infonya.

Usai Rapat, Bapak Supriyatno selaku Kepala Sub Bagian Data dan Informasi, Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, mengatakan Cukup dengan satu sumber data, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan memanfaatkan data Dapodik untuk berbagai kebutuhan layanan.

Baca juga Informasi Terbaru Dapodikdas Versi 4.0.0

Menurutnya salah satu langkah yang dilakukan dalam penyatuan Padamu Negeri dan Dapodik adalah penyatuan referensi, struktur, dan kelengkapan data. Hingga kini upaya tersebut berjalan lancar. Diharapkan, dengan dilakukannya penyatuan Padamu Negeri dan Dapodik, layanan terhadap guru, operator sekolah, dinas pendidikan, dan semua pemangku kepentingan berjalan lebih baik. “Ini akan menjadi bahan kebijakan pimpinan baik di tingkat kementerian, provinsi, dan kabupaten/kota,” ujar Supriyatno.

Adapun dampak positif penyatuan Padamu Negeri dan Dapodik dirasakan langsung oleh operator sekolah. Mereka tidak perlu memasukkan data yang sama ke dalam aplikasi yang berbeda. Dengan begitu, langkah ini menjamin efisiensi kinerja operator dari segi waktu dan tenaga. “Sekarang disambut gembira oleh teman-teman operator,”. Mulai tahun pelajaran baru 2015/2016, operator tak perlu lagi menjaring data melalui Padamu Negeri. Tegas Supriyatno

Tim Ad Hoc berasal dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, eks-Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Pendidikan Dasar, eks-Direktorat P2TK Pendidikan Menengah, eks-pengelola Padamu Negeri di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendikbud, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan tim konsultan.

sumber : http://dikdas.kemdikbud.go.id/index.php/padamu-negeri-dan-dapodik-disatukan-layanan-pendidikan-akan-lebih-baik/

Itulah berita singkat tentang dapodik dan padamu negeri yang bisa saya tulis dalam kesempatan ini. Semoga saja informasi ini bermanfaat bagi sahabat operator sekolah di seluruh Nusantara sekaligus rekan senasib sepenanggungan. Terima kasih salam satu data.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...