Tanya Jawab Seputar Masalah Pendidikan

Konsultasi seputar masalah pendidikan berikut ini semoga saja bisa menjadi solusi bagi anda yang sedang mengalami masalah serupa baik itu anda sendiri, keluarga, teman, dan orang lain.

Mau Dapat Ijazah SMA

Pertanyaan: Pak, usia saya 30 tahun sudah menikah, tamat SMP tahun 2000. Bagaimana caranya saya bisa mendapat ijazah SMA yang resmi. Apakah ada ujian persamaan? terima kasih.

Jawaban : Sesuai dengan kondisi yang ada, saudara bisa mendapatkan Ijazah setara SMA dengan mengikuti program kesetaraan Paket C, syarat dan ketentuan dapat ditanyakan kepada bidang PNF Dinas di kabupaten/kota anda.

Ikut Les Dirumah Guru
Pertanyaan: Pak, anak kami sekolah di SDN kelas VI. Oleh gurunya diwajibkan ikut les di rumah guru tersebut dan membayar uang ratusan ribu perbulan. Apakah tindakan guru itu diperbolahkan?

Jawaban: Guru tidak diperbolehkan mengkoordinasi dan mewajibkan anak muridnya mengikuti pelajaran tambahan yang diadakan secara pribadi. Pelajaran tambahan dimungkinkan bila diadakan oleh sekolah dengan memanfaatkan dana BOS dan tidak boleh minta bayaran dari peserta didik.