Inilah Ciri-Ciri Guru Yang Baik Disukai Siswa

Anda seorang pendidik atau guru? Pernah menghitung berapa banyak siswa alumni yang masih mengingat anda?
Pernah kah ketika anda sedang berjalan di luar tiba-tiba ada orang yang menyapa, bersalaman dengan senyum ramah atau bahkan langsung berlari dan memeluk anda dan dia bilang “masih ingat pak/buk? Saya siswa yang pernah bapak/ibu ajar dulu” atau “bapak/ibu apa kabar? Sudah lama ga ketemu, kangen sekali rasanya dengan bapak/ibuk”. Senang bukan kita sebagai pendidik/guru diingat sepanjang masa oleh siswa/peserta didik walaupun sudah lama tidak bertemu bahkan kita saja sudah lupa jika pernah menjadi gurunya.

Ada rasa bangga tersendiri ketika guru banyak diingat oleh siswa yang pernah mengenalnya, itu artinya guru tersebut mempunyai kesan baik terhadap siswanya. Karena umumnya guru dengan karakter yang baik yang masih diingat siswa yang telah lama lulus, bahkan mereka tidak segan memanggil, menyapa, tersenyum, mengajak salaman, mencium tangan, menanyakan kabar, bercerita setelah sekian lama tidak bertemu. Kemungkinan besar siswa masih ingat apapun yang pernah diajarkan dan diceritakan oleh guru yang mereka senangi.

Baca juga: Cara Memotivasi Siswa Untuk Mengerjakan Pr di rumah

Guru dengan kepribadian yang baik akan mudah dan selalu diingat oleh siswanya, kepribadian baik seperti apa yang selalu diingat oleh siswa? Berikut beberapa "ciri-ciri Kepribadian guru yang baik"

1. Sifat cerdas

Tidak bisa disebut/dipanggil guru jika dia tidak cerdas karena sosok seorang guru harus mempunyai pemikiran dan sikap cerdas pada semua aspek. Cerdas bukan hanya dilihat dari kapasitas otaknya yang selalu mampu memberikan materi pembelajaran yang terbaik tapi juga cerdas dalam menanggapi situasi/keadaan siswanya. Tentu siswa menyukai dan mengingat guru yang selalu mampu menjawab setiap pertanyaan dengan cerdas yang diberikan oleh siswa karena itulah tugas gurunya harus mampu menjawwab ketidaktahuan siswa. akan tetapi guru juga harus cerdas membaca kondisi siswanya, harus cerdas kapan harus berubah fungsi dari guru menjadi seorang orang tua (ibu/bapak), dari guru menjadi kakak, dari guru menjadi hakim atau dari guru menjadi sahabat. Siswa paham sekali guru seperti apa yang bisa menjadi wadah mereka mencurahkan setiap masalahnya, ketika siswa sudah menemukan figur guru tersebut maka hubungan yang baik akan selalu terjalin antara siswa dan guru walaupun siswa tersebut sudah lama lulus dari sekolahnya.

2. Sifat komunikatif

Ada banyak aktifitas yang dilakukan bersama antara guru dan siswa baik itu langsung maupun tidak langsung, aktifitas yang mengharuskan komunikasi antar guru dan siswa. guru dengan komunikasi yang baik akan selalu diingat oleh siswa. berikut adalah beberapa komunikasi yang baik

  • Tersenyum adalah salah satu bentuk komunikasi yang mampu menciptakan judge ramah terhadap seseorang. Guru selalu tersenyum ketika ada siswa yang tersenyum atau bahkan gurunya terlebih dahulu yang memberi senyum kepada siswanya. Sifat guru yang murah senyum akan selalu diingat oleh siswa karena selain senyum adalah ibadah dengan senyuman siswa akan merasa disayangi gurunya dan merasa diperhatikan.

  • Selalu menanggapi pendapat siswa dengan baik. Ketika sedang belajar atau diluar jam belajar obrolan antara siswa dan guru adalah hal terpenting dalam pembentukan karakter guru dalam pikiran siswanya. Ketika menanggapi pendapat/obrolan siswa usahakan tidak dengan kata-kata kasar atau merendahkan pendapat/obrolan siswa, buatlah siswa merasa nyaman ketika berbicara dengan guru sehingga mereka merasa tidak takut dan terbuka dengan apapun topik yang sedang dibicarakan.

  • Sempatkan untuk membalas pesan. Telephon, chat atau apapun komunikasi elektronik. Semakin modern zaman maka bentuk komunikasi semakin canggih, tidak hanya bisa mengirim pesan, menelpon tapi sudah bisa menggunakan chat dengan media social yang beranekaragam misalnya facebook, twitter, instagram, BBM, Line, whatsApp atau path. karena dengan membalasnya akan membuat siswa merasa tidak diabaikan dan merasa diperhatikan.
Baca juga: Hal yang perlu diperhatikan Guru Dalam Mengajar

3. Sifat Perhatian

Siapa yang tidak ingin diperhatikan? Saya pikir tidak ada manusia yang tidak membutuhkan perhatian, baik itu dari diri sendiri, lingkungan keluarga, masyarakat atau bahkan lingkungan sekolah. Begitupun seorang siswa yang selalu menyukai figur guru yang perhatian kepada setiap siswanya. Setiap bentuk perhatian yang diberikan oleh guru selalu diingat oleh siswa baik itu dengan cara yang lembut bahkan perhatian dengan marah. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan guru pada siswanya:

  • perhatikanlah cara belajar siswa berilah saran kepada siswa yang mempunyai kendala saat belajar

  • Peralatan sekolah siswa, mulai dari kerapian pakaian, atribut sekolah, kelengkapan buku dan alat tulis siswa.

  • Perhatikan setiap perkembangan nilai siswa, cari tahu bagaimana kemajuan atau penurunan nilai setiap siswa. berilah semangat dan saran supaya siswa semakin termotivasi untuk belajar. Figur guru yang selalu mengetahui perkembangan nilai siswa selalu disenangi dan disayangi siswa karena mereka merasa mendapat figur orang tua kedua yang selalu memperhatikan perkembangannya selain orang tua kandungnya di rumahnya.

Selalu berikan kesan yang baik kepada siswa, guru yang baik akan selalu diingat baik oleh siswa. Demikianlah beberapa tips untuk menjadi guru yang baik sehingga selalu diingat oleh siswanya. Semoga bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...