4 Alasan Mengapa Kuliah Bukan Sekedar Masuk Kelas

Alasan Mengapa Kuliah bukan Sekedar Masuk Kelas – Dari berbagai pengalaman kita semua waktu duduk dibangku sekolah, mulai dari TK hingga SMA, umumnya belajar mereka semuanya mulai dari ruang-ruang kelas tertentu. Seolah-olah kelas kita sudah menjadi tempat tinggal yang sangat dikangenin sampai sekarang. Namun beda lagi dengan berbeda dengan kuliah, selain belajar di dalam kelas, bahwa kuliah itu bukan sekedar masuk kelas saja.

gambar mahasiswa kuliah kartun

Dalam artikel kali ini kami akan mengulas detail dengan alasan mengapa kuliah bukan sekedar masuk kelas, berikut informasi detailnya: Ketika kita semuanya menjadi murid di SMA, waktu belajar kita yang utama adalah di ruang kelas. Sebenarnya prinsipnya tidak jauh berbeda ketika sudah duduk di bangku kuliah. Meski demikian, perlu diingat bahwa kuliah bukan sekadar masuk kelas saja, ada hal-hal yang mesti menjadi priorotas saat sudah menduduki bangku perkuliyahan. Minimal kita semua sadar bahwa, biaya perkuliyahan itu sedikit lebih mahal dari pada waktu duduk di bangku SMA. Juga supaya empat tahun kuliyah menjadi maksimal dan tidak sia-sia, maka keluarlah dari kelas dan buka pikiranmu sekarang juga. Berikut 4 alasan mengapa kuliah bukan sekedar masuk kelas:

1. Perluas wawasan. Ambil mata kuliah dengan variasi bidang kekhususan agar Anda memiliki beragam pengetahuan. Jangan lupa untuk menempatkan berbagai teori keilmuan pada konteks yang tepat agar mendapatkan gambaran besar yang logis. Dengan begitu, Anda pun dapat memahami relevansi bidang yang sedang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Variasi mata kuliah juga akan mempertemukanmu dengan berbagai tipe dosen. Dari mereka, Anda pun akan belajar mengenai beragam sudut pandang.

2. Jangan sekadar kuliah. Kelas usai, saatnya pulang. Jangan buru-buru, bergabunglah dengan unit-unit kegiatan mahasiswa atau organisasi di kampus, ekstra maupu intra. Aktivitas ini bisa mengasah soft skill dan mengembangkan kemampuanmu dalam bidang tertentu. Pengalaman berorganisasi ini juga bisa memperindah criculum vitae Anda semuanya.

3. Bicara ke orang lain. Maksudnya bicara ke orang lain ini adalah membangun jaringan dan tidak hanya fokus meraih nilai bagus. Terlibatlah dalam berbagai kegiatan sesuai minatmu, seperti seminar, kuliah umum, bahkan konser dan juga masuk dalam organisasi-organisasi ekstra kampus yang ada. Di sini Anda bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat sama dan mulai membangun jaringan profesional. Jaringan ini akan sangat berguna ketika Anda akan merintis karier atau menjalani profesi usai lulus nanti.

4. Tantang diri sendiri. Jangan terjebak di zona nyaman saat kuliah. Ketimbang hanya duduk manis dan aktif di kelas, mengapa tidak mencoba bergabung dengan proyek penelitian yang sedang dilakukan dosen? Cara ini memberimu kesempatan belajar lebih banyak, sekaligus membuatmu lebih mengenal dan dikenal dosen.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda semuanya tentang 4 cara alasan mengapa kuliah bukan sekedar masuk kelas, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semuanya.

0 Response to "4 Alasan Mengapa Kuliah Bukan Sekedar Masuk Kelas"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.