Contoh Media Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/ SMK Kelas 10, 11, 12

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib yang selalu ada dalam semua jurusan dan jenjang pendidikan yang ada di Indonesia. Bahasa Indonesia ini penting karena ia adalah bahasa Nasional sebagai alat komunakasi secara universela di Indoensia. Oleh karena seakan menjadi sebuah kewajiban bagi kita untuk bisa berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Mata pelajaran Bahasa Indonesia di jenjang sekolah menengah atas tentunya berbeda dengan mata pelajaran bahasa Indonesia yang ada di tingkat yang lebih rendah. Meski demikian untuk memaksimalkan proses transfer ilmu, alangkah baiknya jika kita memanfaatkan piranti pendukung yang ada sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/ SMK. Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai media apa saja yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan proses belajar mengajar:

1. Menggunakan media audio
Penggunaan media ini kami rasa sangat tepat jika digunakan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Karena selain peserta didik dijejali dengan tori- tori yang ada mereka juga perlu mendengarkan secara langsung bahasa tersebut.

2. Media film (audio visual)
Film selain memberikan aspek intertainment (hiburan), anda bisa juga menggunakan media ini sebagai alat bantu proses belajar mengajar dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Caranya, and bisa memperlihatkan kepada mereka sebuah film berbahasa Indonesi lalu suruh anak didik kita untuk menganalisis bahasa yang digunakan dalam film tersebut. Apakah sudah sesuai dengan kaidah- kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Semakin sering anda menggunakan teknik ini anak didik kita juga akan semakin peka dan kritis terhadap penggunaan bahasa yang baik dan benar.

3. Power Point
Media power point ini bisa anda gunakan untuk memberikan materi/ teori mengenai bahas Indonesia. Dengan menggunakan media ini anak didik kita akan lebih bisa memahami dan hafal terhadap apa yang kita sampaikan. Karena sifat dari presentasi menggunakan power point itu hanya menulis point- point penting sehingga anak didik kita akan lebih mudah untuk mengingatnya.

selanjutnya silahkan...download

1. Fakta Opini.rar
2. Program Kegiatan
3. Lamaran Kegiatan
4. Membaca Nyaring
5. Menulis Resensi

Itulah beberapa media yang bisa anda manfaatkan untuk memaksimalkan proses belajar mengajar dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Anda bisa memilih salah satu dari ketiganya atau bisa juga bisa menggunakan semuanya dalam satu semester. Hal ini tergantung dari sikologi dari anak didik anda, jika dimungkinkan untuk menggunakan ketiganya silahkan untuk dimanfaatkan semaksimalkan mungkin. Namun jika sikologi mereka tidak dimungkinkan untuk menerapkan salah satu dari media yang ada tersebut jangan paksakan mereka untuk mengguanakan medai tersebut. Bagaimana anda tertarik untuk menggunakanya, demikianlah ulasan tentang Media Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/ SMK semoga bermanfaat!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Contoh Media Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/ SMK Kelas 10, 11, 12"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.