Contoh Media Pembelajaran Pkn Untuk SD

Media pembelajaran PKN SD – media merupakan sebuah sarana yang digunakan oleh seorang guru untuk menyampaikan materi pelajaran. Sedangkan dalam versi lain, media dijelaskan sebagai salah satu komponen pada lingkungan siswa yang bisa merangsang untuk lebih bersemangat dalam belajar. Karena kegiatan belajar mengajar hanya bisa berhasil bila dengan aktif telah mengalami sendiri pembelajaran dikelas. Karena seorang guru umumnya tidak bisa mewakili belajar siswa. Biasanya seorang siswa dikatakan belum belajar meskipun ia sudah berada pada satu ruangan dengan guru yang sedang mengajar. Media pembelajaran PKN SD salah satunya adalah dengan menggunakan ular tangga.

Pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan merupakan sebuah pendidikan yang mempelajari tentang nilai dengan moral. Sedangkan standart kompetensi dari mata pelajaran Kewarganegaraan untuk siswa SD/MI kelas 2 semester 2 ialah menampilkan nilai-nilai Pancasila, dalam kompetensi dasar; (1) yang pertama mengenal nilai-nilai kejujuran kedisiplinan, serta senang bekerja pada kehidupan sehari-hari. (2) mampu melaksanakan perilaku yang jujur, disiplin, serta senang bekerja di kehidupan sehari-hari.

gambar media pembelajaran PKN SD Terbaru

Sesuai dengan kompetensi dasar tersebut, anda bisa memilih pembahasan Nilai Kejujuran. Padahal pendidikan nilai maupun moral pada kelas rendah tingkatan SD/MI ialah salah satu materi yang sangat abstrak. Ini padahal pada tingkatan tersebut anak-anak masih kurang dapat memahami sesuatu dengan gambaran abstrak. Karena kelas rendah akan lebih mudah dalam menyerap pelajaran konkret ini. Hal tersebut merupakan satu tantangan yang harus dihadapi oleh seorang guru. Karena guru perlu berfikir secara kreatif dan juga inovatif guna mencari cara yang lebih memudahkan siswa untuk memahami materi-materi dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Sehingga anda harus menggunakan sebuah media pembelajaran paling tepat. Salah satu media yang bisa digunakan adalah permainan Ular Tangga yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa khususnya dalam pembahasan materi Nilai Kejujuran dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Pada kegiatan belajar mengajar seorang guru bisa memakai metode ceramah yang digabungkan dengan diskusi. Dan menjelaskan dengan mengajak siswa untuk berdiskusi tentang pengertian dari nilai kejujuran, serta member contoh dari perbuatan jujur maupun tindakan tidak jujur disertai akibatnya pada kehidupan sehari-hari dalam sekolah, rumah, maupun masyarakat. Kemudian peneliti akan memberikan kertas untuk tugas terhadap masing-masing siswa.

Selanjutnya guru bisa membagi kelas pada enam kelompok kecil yang siswanya sama yakni 5 hingga 6 siswa. Pada setiap kelompok harus mendapatkan satu media yakni permainan Ular Tangga. Kemudian guru harus menjelaskan pengertian dari nilai kejujuran. Hal tersebut dilakukan dalam menumbuhkan kesadaran untuk siswa yang bisa memunculkan motivasi untuk belajar dan sangat cocok dengan kompetensi dasar diatas. Sesudah seluruh siswa termotivasi, maka seorang guru bisa menjelaskan cara permainan Ular Tangga sekaligus juga menjelaskan simbol-simbol dari permaianan ini. Untuk gambar tangga termasuk simbol nilai positif atau (nilai kejujuran) maupun gambar ular termasuk simbol nilai negatif atau (nilai ketidakjujuran). Dan ular tangga bisa anda jadikan sebagai salah satu Media pembelajaran PKN SD.

Adapun Untuk lebih jelasnya mengenai contoh media pembelajaran PKN SD yang kreatif, bapak dan ibu bisa mengunjungi blog kang Deni, melalui link dibawah

Contoh Media Pembelajaran PKN SD Terbaru

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Contoh Media Pembelajaran Pkn Untuk SD"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.