Contoh Media Pembelajaran Prakarya Untuk SMP Kelas 7,8 Dan 9

Media pembelajaran prakarya untuk SMP - mata pelajaran prakarya merupakan sebuah mata pelajaran terdiri pada aspek Kerajinan, Budidaya, Rekayasa, ataupun Pengolahan. Sedangkan dasar pembelajaran mata pelajaran prakarya yang memang berbasis budaya tersebut biasanya diharapkan mampu menumbuhkan nilai kearifan dalam diri seseorang dan juga nilai jati diri seseorang sehingga akan tumbuh semangat atau memotivasi kemandirian untuk kewirausahaan sekaligus kesediaan dalam melestarikan potensi serta nilai-nilai kearifan.

Sedangkan pokok bahasan dari buku mata pelajaran prakarya kelas VII SMP /MTs tersebut diantaranya meliputi: Kerajinan yang berasal dari bahan alami hingga buatan, adanya rekayasa alat untuk penjernih air maupun produk sederhana terhadap teknologi mekanik, dengan budidaya tanaman sayuran ataupun tanaman obat, beberapa pengolahan pangan misalnya minuman segar dengan kesehatan, serta makanan cepat saji yang asalnya dari buah dengan sayuran, dan juga pengolahan non pangan pada hasil selain bahan pangan nabati hingga menjadi bahan dasar untuk kerajinan.

Selain itu pembelajaran prakarya juga telah dikembangkan sesuai dengan kekhasan daerah setempat yang juga disertai dengan pemahaman pada latar belakang penciptaan sebuah budaya dan juga teknologi yang tepat guna. Lewat pembelajaran Prakarya ini akan memberikan sebuah apresiasi pada peserta didik terkait makna yang terpendam secara multi kultural. Sehingga mata pelajaran Prakarya juga masuk pada konstelasi Kurikulum Pendidikan Indonesia untuk salah satu mata pelajaran wajib dan secara umum juga telah diharapkan mampu memberi sumbangan untuk mengembangkan kreativitas dari sumber daya manusia untuk sebuah industri ekonomi kreatif dan itu termasuk sebuah hal yang sedang diangkat pada wacana pendidikan dengan berkarakter bangsa. Media pembelajaran prakarya untuk SMP bisa anda gunakan beberapa alat dibawah ini :

Membuat Prakarya Lampu Unik Kreatif

Pada sekitar rumah atau lingkungan anda bisa mencari banyak sekali barang-barang yang bekas dan sering dibuang. Padahal sebenarnya masih dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dalam membuat aneka kerajinan ataupun prakarya yang bisa berguna dengan bentuk yang sangat menarik. Selain bisa menjadi beberapa bahan pajangan, dengan bahan bekas bila dikelola sangat baik dapat juga mendatangkan uang, atau sebagai tugas mata pelajaran prakarya untuk SMP. Sehingga bisa mendidik anak-anak untuk lebih kreatif untuk memanfaatkan bahan bekas tersebut untuk prakaryanya.

Anda bisa membuat lampu dengan menggantungkan karet balon tersebut yang telah ditiup dengan seutas tali, selanjutnya lekatkanlah renda yang sudah anda bubuhi lem perekat seperti membungkus balon secara menyeluruh. Bisa tambahkan juga pada lapisan lem untuk perekat tambahan dalam memastikan jika tidak adanya celah yang belum anda lapisi lem, sekaligus juga bisa untuk menambah kekuatannya. Dengan Media pembelajaran prakarya untuk SMP ini, anda akan semakin mudah untuk mencontohkan pembuatan prakarya.

Bapak dan ibu juga bisa melihat contoh media pembelajaran prakarya melalui link dibawah

1. lihat Video Pembelajaran Prakarya
2. Media Pembelajaran Prakarya.ppt

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Contoh Media Pembelajaran Prakarya Untuk SMP Kelas 7,8 Dan 9"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.