Contoh Media Pembelajaran Prakarya

Pada kurikulum 2013 prakarya merupakan salah satu mata pelajaran yang berdiri sendiri yang sebelumnya sekian lama muatan ini dijadikan satu dengan seni budaya. Dan sering kali prakarya selalu disisihkan dari muatan mata pelajaran seni budaya, karena kebanyakan dari guru sekolah dasar lebih menguasai musik daripada keterampilan yang berbau seni prakarya. Prakarya memmiliki pengertian yang luas yang mencakup dari keterampilan, hasta karya, kerajinan tangan, atau keterampilan tangan. Dan bahan yang anda bisa gunakan bisa anda ambil dari bahan- bahan yang tersedia di pasar, atau bahan bekas yang terpakai dan lain sebagainya. Nah, utuk lebih memaksimalkan dalam menyampaikan mata pelajaran ini diharapkan memang guru menggunakana/ memanfaatkan Media Pembelajaran Prakarya yang ada mulai dari yang khusus di beli untuk membuat sebuah prakarya atau bisa memanfaatkan bahan- bahan yang ada disekitar. Untuk lebih mudahnya berikut kami uraikan khusus untuk anda media yang bisa anda manfaatkan sebagai media pembelajaran prakarya yang ada di sekolahan dasar.

1. Bahan jadi
Media bahan jadi ini bisa anda gunakan sebagai alternatif lain jika anda tidak ingin susah payah dalam mengkreasikan ide yang ada miliki. Karena sekarang ini sudah banyak bahan- bahan untuk membuat prakarya tertentu, dan kita atau anak- anak kita tinggal mengikuti langkah- langkah atau tutorial yang ada di dalam produk yang kita beli.

2. Bahan setengah jadi
Media bahan setengah jadi yang kami maksud disini barang- barang yang bisa kita beli di pasar- pasar/ toko sekitar anda. media setengah jadi ini tentu berbeda dengan media prakarya dari bahan yang sudah jadi. Karena disini kita harus memiliki ide dan kreasi sendiri lalu kita wujudkan denga membeli barang- barang yang kita butuhkan. Model media seperti ini akan lebih mudah di tiru oleh peserta didik karena mereka bisa membeli alat- alat/ bahan yang mereka butuhkan dengan mudah.

3. Bahan daur ulang
Menggunakan medai ini yang paling kami rekomendasikan untuk anda. psalnya dengan menggunakan bahan- bahan bekas daur ulang anak- anak akan diajak untuk mencintai lingkungan sejak dini. Selain itu imajanisi dan daya kreatifitas dari mereka juga akan semakin terasah karena kita setiap hari di hadapi denga barang- barang daur ulang yang tidak terpakai.

Berikut kami bagikan beberapa media pembelajaran prakarya untuk SMP dalam bentuk Video

Itulah beberapa media yang bisa anda manfaatkan atau gunakan untuk Media Pembelajaran Prakarya. Anda bisa memilih sesuai dengan apa yang anda kehendaki atau malah justru anda ingin mengemix antara ketiganya dalam satu semester maka kami rasa itu akan lebih efektif. Tertarik untuk menggunakannya! Semoga artikel ini bermanfaat buat anda!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Contoh Media Pembelajaran Prakarya"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.