Contoh Media Pembelajaran Seni Budaya Untuk SMP Kelas 7,8 Dan 9

Media pembelajaran seni budaya SMP - meski materi seni rupa telah bersifat praktik, tapi masih ada juga materi didalamnya yang memang bersifat teori maupun apresiasi include yang ada di dalamnya. Sehingga materi teoritis dapat disampaikan untuk mengawali pembelajaran praktik ini. Sedangkan untuk contoh pembelajaran ilustrasi, awalnya disampaikan tentang pengertian, jenis, media dan teknik dalam menggambar ilustrasi.

Dan juga lebih jauh lagi hal-hal yang berhubungan pada konsep dan juga tema. Bila tema ilustrasiya kampung nelayan, maka dijelaskan beberapa hal yang terkait dengan lingkungan ataupun kehidupan sosial-budaya seorang nelayan, maupun hal-hal relevan lain yang memang sesuai pada tigkat dan jenjang dari persekolahan. Sehingga dituntut kemampuan mengajar guru agar bisa menyesuaikan teori terhadap tingkat penerimaan atau daya serap anak, sekaligus juga metode penyampaian guru yang mampu memotivasi anak, yang merangsang anak untuk lebih memahami pengetahuan yang akan digambarkannya. Media pembelajaran seni budaya SMP juga perlu anda pertimbangkan supaya lebih mudah untuk menyampaikan materi pada siswa.

Media seni budaya menggunakan benda disekitar

Misalnya untuk teknik menggambar flora. Seorang guru bisa menggunakan media dari bunga mawar asli. Atau yang ada diluar ruang kelas sehingga dalam proses belajar mengajar guru bisa mengajak banyak siswa untuk keluar kelas dan mengetahui karakteristik dari tumbuhan secara langsung. Misalnya mengetahui bentuk dari daun, ataupun bunga. Akan digambar secara terpisah ataupun digabung dalam satu rangkaian. Sehingga dengan menggambar flora tersebut akan tersirat pemahaman terkait keanekaragaman dari bentuk maupun jenis flora disekitar lingkungan kelas dan bertujuan supaya siswa lebih menjaga dan merawat flora tersebut dan melestarikannya.

Sedangkan untuk pembuatan teknik menggambar fauna. Bisa menggunakan media foto ataupun dari lingkungan sekitar. Karena fauna mempunyai beberapa jenis yang berbeda. Misalnya saja dari jenis hewan yang berkaki 4 maupun berkaki 2. Bisa menggunakan media melihat gambar dari hewan tersebut. Sedangkan untuk hewan yang tempat tinggalnya ada di air ataupun didarat.

Anda juga bisa menggunakan gambar hewan tersebut untuk mengetahui secara perinci karakteristik dari hewan tersebut. Sedangkan untuk media menggunakan hewan diair bisa membawa salah satu hewan air atau ikan hias untuk menumbuhkan imajinasi dari siswa. Sedangkan untuk teknik menggambar alam benda, media yang guru bisa sediakan adalah sebuah benda yang sudah tidak asing lagi. Salah satunya adalah menyediakan gelas. Karena menggambar alam benda sama halnya dengan menggambar bentuk. Dan yang dimaksud alam benda bisa berupa benda yang telah dibuat oleh manusia ataupun benda yang memang telah terbentuk dari alam. Sedangkan benda yang berupa buatan manusia adalah mangkuk, piring, kendi, gelas dan masih banyak lagi. Anda bisa menggunakan media tersebut sebagai Media pembelajaran seni budaya SMP.

Bagi bapak dan ibu yang membutuhkan contoh media pembelajaran seni budaya SMP bisa mendownloadnya melalui link dibawah

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Contoh Media Pembelajaran Seni Budaya Untuk SMP Kelas 7,8 Dan 9"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.