Daftar Mata Pelajaran SMP KTSP

Kurikulum Tingkat Kesatuan Pendidikan (KTSP) atau kurikulum 2006 ini merupakan kurikulum operasional pendidikan yang disusun dan dilaksanakan di masing-masing kesatuan pendidikan di Indonesia. Pada prinsipnya, kurikulum KTSP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SI (Standar Isi), namun dalam pengembangan tetap diserahkan kepada skolah agar sesuai dengan kebutuhan sekolah itu sendiri. Tujuan dari kurikulum KTSP adalah tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan dan silabus.

Standar Isi merupakan ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam persyaratan kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian kompetensi mata pelajaran dan silabus pembelajaran yang dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Standar isi juga merupakan pedoman dalam pengembangan kurikulum tingkat kesatuan pendidikan, yang terdiri dari:

  1. kerangka dasar, dan struktur kurikulum
  2. beban belajar
  3. kurikulum tingkat satuan pendidikan yang dikembangkan di tingkat satuan pendidikan, dan
  4. kalender pendidikan.

Pedoman yang digunakan dalam penilaian penentuan kelulusan peserta didik adalah SKL (Standar Kompetensi Lulusan). SKL ini meliputi kompetensi pada seluruh mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran. Kompetensi lulusan juga merupakan kualiafikasi dari kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan standar nasional yang telah ditetapkan. Pemberlakuan kurikulum KTSP, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam peraturan dalam Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI dan SKL ditetapkan oleh Kepala Sekolah setelah mendapat pertimbangan oleh komite sekolah.

Dengan kata lain, bahwa pemberlakukan kurikulum diserahkan sepenuhnya kapada sekolah dan tidak ada intervensi dari Dinas Pendidikan atau Departemen Pendidikan Nasional. Dalam penyusunannya pun melibatkan guru, karyawan dan komite sekolah bahkan dari perguruan setempat. Dengan keikutsertaan komite sekolah dalam penyusunan kurikulum KTSP dapat menampung aspirasi masyarakat, situasi, kondisi lingkungan dan kebutuhan masyarakat.

Berikut salah satu dari struktur Kurikulum SMP Negeri 45 Siak

No
Mata Pelajaran
Alokasi Waktu
VII
VIII
IX
1
Pendidikan Agama
2
2
2
2
PKN
2
2
2
3
Bahasa Indonesia
4+1*
4+1*
4+1*
4
Bahasa Inggris
4+1*
4+1*
4+1*
5
Matematika
4+1*
4+1*
4+1*
6
IPA Terpadu
4+1*
4+1*
4+1*
7
IPS Terpadu
4
4
4
8
Seni Budaya
2
2
2
9
Penjaskes
2
2
2
10
Ketrampilan/TIK
2
2
2
11
Muatan Lokal



12
Tulisan Arab Melayu
2**
2**
2**
13
Pengembangan Diri



Jumlah
32+4*
32+4*
32+4*
Keterangan: * Jam tambahan ** Pengembangan diri dalam bentuk ekstrakurikuler

Untuk setiap sekolah akan berbeda tergantung kebijakan kurikulum yang telah dibahas bersama guru, karyawan dan komite sekolah. Demikian Daftar Mata Pelajaran SMP KTSP semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Daftar Mata Pelajaran SMP KTSP"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.