Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas 7,8 Dan 9

Salah satu kelemahan seorang guru adalah mengajar tidak memakai media yang sesuai. Ini membuat metode ceramah menjadi satu-satunya sebuah metode mengajar yang bisa dikuasai oleh seorang guru. Hal tersebut juga diharapkan tidak terjadi pada mahasiswa keguruan saat menjadi guru, sehingga akan menjadi seorang guru dengan miskin media serta apa adanya. Khususnya untuk Contoh Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Yang dimaksud dengan alat bantu pendidikan merupakan alat-alat yang akan digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan bahan pendidikan atau pengajaran. Selain itu alat bantu ini juga lebih sering kita sebut dengan alat peraga ini karena memang berfungsi dalam membantu dan juga meragakan sesuatu saat proses pendidikan pengajaran berlangsung.

Alat peraga tersebut disusun berdasarkan dengan prinsip jika pengetahuan yang ada di setiap manusia diterima atau ditangkap oleh panca indera. Sehingga semakin banyak panca indera yang digunakan dalam menerima sesuatu, semakin banyak juga dan semakin jelas pengertian atau pengetahuan yang akan diperoleh. Dalam kata lain, media peraga ini dimaksudkan supaya lebih mengerahkan indera yang sebanyaknya kepada suatu objek yang bisa mempermudah persepsi.

Anda didalam proses pendidikan akan memperoleh pengalaman atau pengetahuan lewat berbagai macam media bantu pendidikan. Namun pada masing-masing alat memiliki intensitas yang berbeda-beda untuk membantu persepsi anda.

Pada proses pendidikan, adanya benda asli memiliki intensitas yang tertinggi dalam mempersepsi bahan pendidikan atau pengajaran. Sedangkan pada penyampaian bahan yang hanyalah dengan kata-kata memang sangat kurang efektif ataupun intensitasnya paling rendah. Sangat jelas bila penggunaan alat peraga ialah salah satu prinsip dari proses pendidikan.

Sedangkan dalam rangka pendidikan bidang kesehatan, seorang masyarakat sebagai konsumernya juga bisa dilibatkan pada pembuatan media peraga. Sehingga petugas kesehatan tersebut berperan sebagai pembimbing dan pembina, tidak hanya dalam persoalan kesehatan mereka sendiri namun juga memotivasi mereka untuk meneruskan informasi kesehatan pada anggota masyarakat lainnya.

Media peraga juga akan membantu ketika melakukan penyuluhan, supaya pesan-pesan kesehatan bisa disampaikan secara lebih jelas dan masyarakat sebagai sasaran bisa menerima pesan orang itu. Sehingga dengan alat peraga, maka orang bisa lebih mengerti terhadap fakta kesehatan yang memang dianggap rumit dan mereka bisa menghargai betapa berartinya kesehatan itu untuk kehidupan. Sedangkan untuk contoh media pembelajaran bahasa Indonesia adalah :

a. Alat-Alat Bantu Dengar (Audio Aids)

Termasuk alat yang bisa membantu menstimulasi pada indera pendengar di waktu proses penyampaian dari bahan pendidikan atau pengajaran. Seperti piringan hitam, radio, dan juga pita suara.

b. Alat Bantu Lihat-Dengar

Misalnya saja televisi ataupun video cassette. Pada alat-alat bantu pendidikan tersebut lebih dikenal dengan sebutan Audio Visual Aids atau (AVA). Yang merupakan salah satu Contoh Media Pembelajaran Bahasa Indonesia yang bisa anda gunakan untuk sekolah menengah pertama.

Bagi bapak dan ibu guru khusunya mata pelajaran bahasa indonesia, silahkan unduh contoh-contoh media pembelajaran dalam bentuk PPT, melalui link dibawah

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas 7,8 Dan 9"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.