Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sd

Media pembelajaran bahasa Indonesia untuk SD - Penggunaan media sangat dibutuhkan pada proses belajar mengajar yang dilakukan didalam kelas. Hal tersebut bertujuan supaya proses transformasi pengetahuan yang dilakukan oleh guru kepada murid bisa sangat mudah dilakukan. Dan itu pastinya akan menuntut kreatifitas seorang guru pengajar untuk mampu merancang sebuah media yang paling cocok terhadap materi yang diajarkannya. Pastinya seorang Guru yang kreatif juga akan memanfaatan media pada proses pembelajaran yang akan dilakukannya, namun juga tidak tergantung pada tersedia atau tidaknya perangkat yang diperlukan tersebut di terapkan didalam kelas. Sedangkan salah satu Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sd yang bisa anda terapkan adalah :

A. Media Mekameka (Mencari Kata Menyusun Kalimat)

Ada salah satu materi bahasa Indonesia SD yakni Menyusun kata hingga menjadi sebuah kalimat yang tepat. Secara umum pasti seorang guru akan memulai materi dengan mengacak beberapa kata yang terdapat dalam kalimat, dan selanjutnya akan menugaskan beberapa siswa agar menyusun kembali kata-kata acak tersebut menjadi sebuah kalimat yang tepat. Dan cara tersebut juga dituntunkan pada beberapa buku tunjangan bahasa Indonesia dan sering kali muncul pada soal ujian semester.

Ada kelemahan yang begitu jelas terhadap cara yang konvensional tersebut di atas. Yakni salah satunya siswa akan sangat kurang kreatif dalam membuat sebuah kalimat yang tepat, ini dikarenakan kalimat yang seharusnya dibuat tersebut merupakan sebuah kalimat jadi dan hanya cukup mengacak kata-kata untuk membentuknya. Namun, akan ada persoalan yang muncul bila siswa tersebut disediakan dengan beberapa kata yang acak tapi kata tersebut tidak berasal pada kalimat jadi. Sehingga anda harus menemukan sebuah media yang paling tepat dalam materi tersebut salah satunya adalah dengan media Mekameka. Yang merupakan kependekan dari (Mencari Kata Menyusun Kalimat). Anda bisa membuat media Mekameka dari bahan karton, marmar ataupun dupleks, tapi disarankan menggunakan bahan karton dupleks yang disebabkan karena memang tebal serta bisa digulung. Sehingga karton dupleks dapat anda bagi menjadi empat bagian yang sama besar, kemudian dibuat garis secara horizontal serta vertical yang bisa terbentuk dalam 100 kotak. Untuk setiap kotaknya diisi sebuah kata yang jumlahnya 90 kata. Untuk sepuluh kotak tak terisi tersebut bisa dijadikan bantuan saat mekameka telah digunakan.

B. Pemanfaatan dan Hasil Mekameka

Dengan menggunakan media Mekameka ini akan membuat siswa lebih kreatif dalam menemukan kata-kata yang bisa anda jadikan sebuah kalimat. Sehingga siswa akan belajar dengan bersemangat karena didalamnya mengandung permainan dengan kompetisi. Disamping itu, mekameka juga bisa dimanfaatkan ketika sedang belajar diluar kelas apalagi juga bisa juga dipinjamkan pada siswa dibawa pulang ke rumah sehingga bisa dijadikan sebagai sarana bermain yang mampu mendidik serta membuat siswa lebih kreatif. Dan bisa digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia untuk SD.

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton dan download aplikasi serta video media pembelajaran Bahasa Indonesia SD melalui link dibawah

1. Video Media Pembelajaran

2. Aplikasi Media Pembelajaran SD

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sd"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.