Penyebab Mahasiswa Tidak Fokus Kuliah

Penyebab mahasiswa tidak fokus kuliah- Masa-masa kuliah memang berbeda jauh jika dibandingkan dengan masa SMA. Jika dulu di SMA kita masih harus dituntut untuk mengikuti semua peraturan sekolah yang ada, harus masuk dengan tepat waktu, dan semua masih serba diatur. Tapi berbeda jika kita sudah dibangku kuliah, kita bisa dengan bebasnya melakukan apa yang kita mau, bahkan tidak kuliahpun tidak ada yang memarahi. Sehingga bisa dikatakan bahwa di masa kuliah ini seseorang harus memiliki kesadaran yang tinggi untuk menjalankan kewajibannya sebagai seorang mahasiswa. Jika seseorang yang masih labil, tentu akan sangat rentan sekali dengan hal-hal yang menggaggu perkulihannya yang nantinya menyebabkan tidak semangat untuk kuliah.

Oleh sebab itu kita harus benar-benar menjaga kefokusan kita dalam menjalankan perkuliahan agar nantinya tidak menyesal dikemudian hari. Bagi mahasiswa yang tidak fokus lagi dengan kuliahnya, itu disebabkan banyak hal. Diantaranya adalah:

1. Tidak suka dengan jurusan yang dipilih

Bagi mahasiswa yang telah memilih jurusan hanya sekedar memilih karena pelampiasan tidak diterima diperguruan tinggi yang menjadi impiannya. Maka implikasinya, ia memilih jurusan yang tidak ia ketahui di perguruan tinggi biasa. Sehingga ketika telah masuk kuliah dia tidak paham dengan berbagai mata kuliah yang ada, karena memang bukan faknya. Sehingga membuat ia menjadi malas untuk kuliah.

2. Malas

Penyebab yang satu ini memang sangat sulit untuk disembuhkan, jika bukan dari kesadarannya sendiri. Malas ini biasanya ketika ada banyak tugas yang harus diselesaikan, yang kemudian membuat ia menjadi malas-malasan untuk mengerjakan.

3. Banyak main

Waktu main dengan waktu kuliah lebih banyakan waktu main. Ini juga dipengaruhi oleh pergaulan serta motivasinya menjalankan perkuliahan. Main sangat mengganggu kefokusan mahasiswa untuk kuliah. Yang dipikirannya hanya ingin bersenang-senang.

4. Pacaran

Nah ini dia faktor utama seorang mahasiswa tidak lagi fokus lagi dengan kuliahnya. Kebanyakan mahasiswa terganggu kuliahnya karena mereka menjalin hubungan dengan lawan jenis. Karena konsentrasinya akan terpecah, harusnya memikirkan tugas kuliah tapi justru memikirkan keromantisan dengan pacaran. Sehingga yang timbul ia akan lebih senang pacaran ketimbang kuliah. Untuk itu maka anda harus berhati-hati dalam menjalin hubungan. Jika anda pacaran dengan orang yang pandai serta selalu memotivasimu untuk kuliah yang serius, ini akan menjadi semangat baru yang bisa membuatmu lebih berkembang. Akan tetapu jika sebaliknya maka kuliahmu akan berantakan. Untuk itu harus lebih selektif memilih pasangan.

5. Senang bolos

Kuliah memang tidak bisa disamakan dengan masa SMA yang tidak bisa bolos kapan saja, berbeda dengan kuliah, anda bisa seenaknya bolos tanpa ada yang menegurmu. Ini justru akan menjadikan mahasiswa lebih bebas dan bagi mereka yang tidak memiliki kesadaran tinggi, yang terjadi ialah senang bolos, dan tidak lagi fokus dengan kuliah.

Itulah Penyebab mahasiswa tidak fokus kuliah, bagi anda yang ingin sukses serta tidak menyesal dikemudian hari maka hindari penyebab-penyebab tersebut.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Penyebab Mahasiswa Tidak Fokus Kuliah"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.