Peran Teknologi Dalam Inovasi Pendidikan

Laju dari perkembangan teknolgi memang tidak bisa di bendung lagi. Teknologi ibarat dua mata pisau yang kedua sisinya dapat digunakan atau melukai tergantug bagaimana kita menggunakanya. Karena tidak sedikit yang melakukan kejahatan dengan memanfaatkan teknologi yang ada, namun tidak sedikit pula yang merasakan manfaat dengan adanya perkembangan teknologi ini. Pemanfaatan teknologi inilah yang ingin digalakkan oleh pemerintah dalam dunia pendidikan. Nah, untuk memaksimalkan upayanya tersebut maka yang paling mendapatkan sorotan untuk pemanfaatan teknologo ini adalah tenaga pendidik atau guru. Salah satu upaya memaksimalkan teknologi dalam pendidikan adalah dengan cara mengadakan lomba tingkat nasional Peran Teknologi dalam Inovasi Pendidikan yang menyasar kalangan guru di semua tingkatan. Lomba yang baru digelar tersebut merupakan bentuk karya tulis proses pengajaran yang memperebutkan hadiah hingga total 100 juta rupiah. Sesuai dengan jenjangnya peserta di kategorikan menjadi tiga jenjang yakni Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan persyaratan peserta menjadi point penting dalam penilain sebagai berikut:

  1. Kelengkapan syarat administrasi termasuk surat izin dari kapala sekolah dan surat pernyataan dengan nilai 5 point.
  2. Pemanfaatan penggunaan teknologi selama proses pembelajaran dengan nilai 25 point.
  3. Proses pembelajaran yang memfasilitasi dan mendorong siswa untuk berfikir secara kritis dengan nilai 25 point.

Sementara itu untuk ketentuan lombaya sebagai berikut:

  1. Lomba bersifat individu untuk guru yang masih aktif dalam mengajar baik itu yang ada di sekolah negeri atau swasta.
  2. Para peserta hanya bisa mengirimkan satu karya lomba serta belum pernah di ikutkan dalam perlombaan lain.
  3. Karya yang di buat merupakan karya sendiri dan bukan hasil plagiasi.
  4. Lomba di bagi berdasarkan tiga kategori yakni SD, SMP, dan SMA sederajat.
  5. Lomba bisa di ikuti oleh semua guru dari semua bidang studi.

Adapun tujuan dilaksanakan lomba teknologi dalam pendidikan ini adalah:

  1. Memberikan ruang serta sarana dan prasarana bagi guru untuk bisa berkompetisi secara kreatif dalam proses pengajaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada pada saat ini.
  2. Sebagai ruang untuk memberikan apresiasi kepada guru- guru yang memiliki prestasi dan aktif dalam mengembangkan cara pengejaran demi meningkatkan kualitas pendidikan anak didik untuk bisa menjawab tantangan masa depan.
  3. Mendorong peningkatan pengetahuan serta pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar di kelas.
  4. Sebagai ruang bagi guru untuk menerapkan berbagai model- model pembelajaran yang kreatif dan bisa mereka praktikkan dalam pembelajaran di dalam ruangan kelas.

Itulah upaya untuk meningkatkan teknologi dalam pendidikan. Dengan peran kita semua bukan hal yang mustahil untuk menciptakan iklim pendidikan yang ideal di negeri ini. semoga ulasan ini bermanfaat untuk anda, sekian dan terimakasih! selanjutnya baca juga: FLS2N 2016

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Peran Teknologi Dalam Inovasi Pendidikan"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.