Program Pascasarjana dan Sisi Lainnya

Program pascasarjana merupakan suatu program pendidikan lanjutan yang diperuntukkan untuk mahasiswa yang sudah menyelesaikan program pendidikan awal yaitu setara dengan sarjana S1. Program persiapan pra-master ini dirancang khusus untuk mahasiswa yang ingin meraih gelar master, akan tetapi merasa perlu untuk menyegarkan kembali mengenai kemampuan belajarnya, meningkatkan kemampuan untuk berbahasa Inggris atau sekadar menyesuaikan diri kembali dengan kehidupan sebagai seorang mahasiswa. Biasanya ini berlangsung antara enam bulan sampai setahun, dan pada umumnya bisanya termasuk modul metode pembelajaran akademik, kemudian penelitian, keterampilan dalam menggunakan komputer, analisis data, wawancara, kemudian melakukan referensi akademik dan penulisan esai.

gambar program pascasarjana

Kuliah pascasarjana ini berarti komitmen baru untuk memperdalam suatu bidang keilmuan. Akan tetapi, menjadi mahasiswa pascasarjana bukan hanya mengenai belajar dan menulis karya ilmiah, ada Sisi Lain Kuliah di Pascasarjana pada status tersebut.

1. Bertambah usia

Saat kuliah menempuh sarjana dulu mungkin kamu masih bisa untuk menghabiskan waktu bersama dengan teman-teman. Akan tetapi sekarang, kewajiban akademis ini bertambah. Dan seiring bertambahnya usia, kamu juga tidak bisa tidak lagi peduli dengan hal-hal di sekitarmu. Kamu pun akn memilih untuk segera menyelesaikan tesismu dari pada kamu hang out hingga larut malam.

2. Sisi Lain Kuliah di Pascasarjana yaitu merupakan Waktu untuk berpikir

Kuliah pada waktu pascasarjana ini merupakan waktu untuk menghasilkan berbagai bentuk argumen yang orisinal pada tesis, tidak sekadar dan hanya mengutip berbagai literatur seperti saat mengerjakan skripsi dulu. Momen ketika berhasil untuk menyelesaikan tesis dengan penuh temuan baru ini juga akan selalu diingat.

3. Pembimbingmu selalu benar

Dosen pembimbing yang akan mengkoreksi hasil tesismu. Bahkan jika kamu sedang mengajukan pemikiran baru, dia akan tetap untuk menunjuk beberapa kekurangan dari hal yang kamu berikan tersebut. Tapi jangan khawatir, itu bukan pertanda bagus. Karena faktanya tesis yang kamu buat itu sudah baik dan menjadikanmu kamu pembelajar yang baik pula. Selain itu, masa bimbingan ini bisa menjadi momen pada pelatihan menghadapi kritik.

4. Ketakutan

Waktunya Tiba di akhir tahun akademis dan kamu kini belum memiliki rencana. Setiap orang pasti memiliki ketakutannya masing-masing, jadi kamu bukanlah orang yangsendiri. Jika kamu merasa kesulitan dalam menghadapi ketakutan tersebut, kenapa tidak meminta seseorang membantumu? Bantuan seorang yang ada di sekitar Anda ini sangat perlu untuk Anda gunakan. Karena biasanya seorang akan dapat memberikan solusi untuk kita.

Demikian Sisi Lain Kuliah di Pascasarjana, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda semua, yang sedang menempuh ataupun mau menempug Program pasca sarjana. Semoga bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Program Pascasarjana dan Sisi Lainnya"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.