Program Pendidikan Indonesia Tahun 2016

Program Pendidikan - sebagai pengelola sekaligus lembaga yang paling bertanggung jawab atas kemajuan pendidikan yang ada di Indonesia. Pemerintah memiliki program prioritas yang menjadi agenda di tahun 2016. Terdapat 6 Program Pendidikan Tahun 2016 yang menjadi prioritas untuk lebih memajukkan pendidikan yang ada di Indonesia. Berikut enam program yang di prioritaskan pemerintah pada tahun 2016. Yaitu:

1. Penguatan pelaku pendidikan dan kebudayaan

Penguatan pelaku pendidikan yaitu dengan cara melakukan pemberdayaan melalui peningkatan kompetensi, apresiasi, kinerja terhadap pendidik dan tenaga kependidikan. Selanjutnya pemberdayaan akan dilakukan dengan melakukan kemitraan dan penguatan dari orang tua dan melibatkan masyarakat dalam aktivitas pendidikan dan kebudayaan yang ada.

2. Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan

Pada progarm prioritas yang kedua ini merupakan wujud dari peningkatan sarana dan prasarana pendidikan. Dengan adanya akses tersebut, diharapkan pendidikan harus di tingkatkan dengan cara menyempurnakan kurikulum dan sistem penilaian pendidikan. Adapun wujud dari program prioritas yang kedua ini adalah adanya pelaksanaan program Indonesia Pintar.

3. Meningkatkan akses dan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan

Program ini nantinya akan diwujudkan dengan penyediaan guru garis depan, peningkatan kinerja, peningkatan kompetensi, pemberian tunjangan bagi guru non PNS serta peningkatan kualifikasi pendidik.

4. Akan melakukan peningkatan dan penguatan pelestarian dan diplomasi budaya

Hal yang akan dilakukan untuk program prioritas yang ke empat ini adalah melakukan perlindungan dengan penetapan dan revatilisasi warisan budaya, pengembangan budaya melalui penelitian, pembangunan, pelatihan, serta modernisasi. Setelah hal tersebut dapat terealisasikan maka program yang dapat dijalankan adalah melakukan promosi budaya baik di dalam maupun di luar negeri.

gambar program pendidikan Indonesia

5. Program prioritas yang kelima adalah dengan meningkatkan dan penguatan pengembangan pembinaa serta perlindungan bahasa melalui pengembangan kosakata dan penyebaraluasan bahasa Indonesa yang ada di Luar Negeri. Adapun dukungan prioritas tersebut adalah dengan menggalakkan literasi di sekolah dan pembetukan laboratorium kebinekaan bahasa dalam rangka menumbuhkan budi pekerti.

6. Program prioritas yang ke enam dan yang menjadi sasaran utama Kemendikbud dala upayanya melakukan gerakan pendidikan dan kebudayaan adalah dengan cara adanya usaha penguatan tata kelola dan pelatihan publik.

Program tersebut akan di realisasikan oleh kementria pendidikan dan kebudayaan sebagai program yang paling di prioritaskan di tahun 2016. Meski memiliki rencana yang matang perlu adanya keterlibatan semua pihak tak terkecuali bagi rakyat seperti kita. Karena esinsi dalam sebuah membangun bangsa yang besar tidak hanya tergantung kepada pemimpin atau tata kelola birokrasinya, namun peran aktif dari semua lapisan masyarakat juga menjadi kunci atas keberhasilan pembangunan dalam sebuah negara. demikianlah ulasan tentang Program Pendidikan Tahun 2016, semoga bermanfaat!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 Responses to "Program Pendidikan Indonesia Tahun 2016"

  1. Semoga pendidikan indonesia di tahun 2016 menjadi lebih baik :).
    www.tokoedukasi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin semoga saja demikian menjadi indonesia yang penuh dengan masyarakat ber pendidikan

      Delete

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.