Tips Lulus Kuliah Tepat Waktu

Menjadi mahasiswa memang sangat berbeda dengan saat jadi anak sekolah yang memiliki jadwal kelulusannya sama. Seorang mahasiswa S1 jika bisa mengatur waktunya dengan baik maka akan lulus dalam waktu 3-4 tahun. Sebaliknya, jika kita salah dalam bersikap bisa-bisa kena label sebagai mahasiswa abadi. Ada banyak alasan tentang sisi positif dari lulus tepat waktu, contohnya: Untuk membahagiakan orangtua, tidak buang-buang waktu, tidak buang uang, pengen cepat untuk berkarir, bisa cepat menikah, dll. Beberapa tips ini di bawah ini sengai rahasia lulus tepat waktu :

1. Harus percaya diri untuk bisa lulus tepat waktu

Ini merupakan hal terpenting yang harus dibangun. Semua mahasiswa memang pantas dan bisa lulus tepat waktu dengan hasil yang baik. Percayalah dengan kalimat tersebut. Ketika mindset kita mengatakan “bisa” maka usaha yang dilakukan akan lebih maksimal. Terkadang ada mahasiswa yang menyerah karena sebelum berusaha hanya karena hal-hal sepele, seperti misalnya asal SMA, banyak senior yang lama lulus, kemudian mata kuliah tertentu sangat susah, dll. Padahal setiap mahasiswa memiliki kondisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu ingatlah, semua mahasiswa pantas dan bisa untuk lulus tepat waktu dan dengan hasil yang baik.

2. Optimalkan SKS yang bisa diambil

Jumlah SKS berpengaruh untuk pengambilan program skripsi. Optimal disini bukan berarti selalu mengambil SKS untuk jumlah yang maksimal. Optimal berarti menyesuaikan dengan jumlah yang diambil dengan kemampuan diri. Buatlah strategi dengan kemampuan yang ada, dapat memulai skripsi dengan waktu paling lambat dari awal semester 7.

3. Rajin mengikuti perkuliahan

Selalu berusaha untuk mengikuti perkuliahan akan berdampak baik pada studi Anda. Akan lebih baik lagi jika selalu duduk berada di bangku paling depan. Minimal akan bisa membuat lebih fokus ketika kuliah dan tidak akan terlalu terganggu dengan “keinginan” untuk mengobrol.

4. Buat hubungan yang baik dengan setiap dosen

Terutama untuk dosen pembimbing skripsi merupakan salah satu faktor yang penting dalam kuliah. Rajin-rajinlah untuk bimbingan terutama ketika waktu mengerjakan skripsi. Sebagian mahasiswa yang lama lulus karena skripsi tak kunjung usai. Dosen tidak akan memperlama waktu untuk lulus kalau memang sungguh-sungguh dalam mengerjakan penelitian dan skripsi. Beliau juga pasti akan mendukung kalau Anda memang punya target lulus tepat waktu.

5. Buat manajemen prioritas

Hidup itu penuh kejutan. Buatlah daftar kegiatan, sekaligus dengan skala prioritasnya. Buatlah sistem pengaturan yang baik. Kemudian Lakukan dengan konsisten.

6. Setelah berikhtiar, jangan lupa berdoa kepada Allah

Tanpa dijelaskan pun rasanya semua juga sepakat kalau doa itu memang penting. Kita harus mengakui kemampuan untuk manusia itu ada batasnya. Semua yang kita peroleh pun bukan semata-mata karena kemampuan kita. Ada faktor X yang terkadang memang ajaib. Itu semua karena Allah SWT yang mengatur pada setiap yang ada di muka bumi.

Demikian informasi mengenai Ingin Lulus Kuliah Tepat Waktu? Ini Rahasianya!, semoga bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Tips Lulus Kuliah Tepat Waktu"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.