Daftar Universitas Terakreditasi A Versi BAN-PT

Jika kita berbicara tentang Universitas, tentunya banyak hal yang mesti kita perhatikan. Salah satunya adalah tentang statusnya. Banyak sekali di Indonesia ini Universitas yang sudah memiliki status terakreditasi A. Dalam artikel kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda semuanya tentang Daftar Universitas Terakreditasi A Versi BAN-PT, mari kita simak informasi detailnya:

Salah satu tujuan yang terpenting adanya akreditasi ini adalah untuk menjamin mutu dan kualitas dari universitas yang bersangkutan. Maka dari itu ulasan ini akan memberikan informasi yang detail mana saja Universitas yang sudah memiliki satatus atau yang sudah terakreditasi A. Jika suatu Universitas tertentu tidak mendapatkan akreditas atau jelek akreditasinya, maka kualitas pendidikan dan alumnus perguruan tinggi tersebut patut untuk kita pertanyakan.

Berikut ini merupakan daftar Universitas yang terakreditasi A:
1. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
2. Institut Pertanian Bogor.
3. Universitas Negeri Malang.
4. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
5. Universitas Airlangga Surabaya.
6. Institut Teknologi Bandung.
7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
8. Universitas Hasanuddin Makassar.
9. Universitas Indonesia Jakarta.
10. Universitas Padjadjaran Bandung.
11. Universitas Andalas Padang.
12. Universitas Gunadarma Jakarta.
13. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
14. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
15. Universitas Muhammadiyah Malang.
16. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
17. Universitas Brawijaya Malang.
18. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
19. Universitas Kristen Petra Surabaya.
20. Universitas Diponegoro Semarang.
21. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Baca Juga: Daftar Universitas Terakreditasi C

Pentingnya akreditasi ini sangat berpengaruh sekali pada kulaitas atau mutu suatru Universitas tertentu. Mengingat terdapat berbagai pengertian tentang hakikat perguruan tinggi, maka kriteria akreditasi pun dapat pula dimaknai secara berbeda-beda. Setidaknyadapat kita fahami dalam 4 arti penting akreditasi ini, salah satunya adalah:

1. Universitas atau Perguruan tinggi ini dimaknai sebagai penghasil tenaga kerja yang bermutu. Dalam pengertian tersebut, pendidikan tinggi merupakan suatu proses dan mahasiswa dianggap sebagai output yang memiliki nilai atau harga (value) dalam pasaran kerjanya dan juga keberhasilan dari output tersebut menjadi salah satu ukuran, meskipun tidak jarang jika sudah keluar dari perguruan tinggi atau Universitas ini di lihat dari karir nya.

2. Universitas atau Perguruan tinggi tersebut dianggap sebagai lembaga pelatihan bagi karier peneliti bagi kalangan mahasiswa. Adapaun mutu Universitas atau perguruan tinggi ditentukan oleh penampilan atau juga prestasi penelitian anggota staf. Dalam ukuruan masukan dan keluaran dihitung dengan jumlah staf yang mendapat hadiah atau penghargaan dari hasil penelitiannya atau malah jumlah dana yang diterima oleh staf dan/atau oleh lembaganya untuk kegiatan penelitian.

Demikian nformasi yang dapat kami sampiakan kepada Anda semuanya tentang Daftar Universitas Terakreditasi A Versi BAN-PT, semoga bermanfaat!!

0 Response to "Daftar Universitas Terakreditasi A Versi BAN-PT"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.