Kampus Produktif dan Inovatif di Indonesia

IPB juga termasuk kedalam kategori Kampus Produktif dan Inovatif di Indonesia. Tahukah anda kalau Institut Pertanian Bogor adalah sebuah perguruan tinggi yang berbasis dari riset kelas dunia dengan memiliki kompetensi utama yaitu pada bidang pertanian untuk tropika dan biosains serta memiliki karakter kewirausahaan. IPB yang dulunya merupakan bagian dari Universitas Indonesia, akan tetapi pada tahun1963 IPB resmi melepaskan diri dari Universitas Indonesia yang kini dipimpin oleh rektor yang bernama Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc. untuk periode 2012-2017.

IPB ini memiliki lima kampus yang lokasinya juga berbeda-beda dan pada setiap kampus ini juga memiliki peruntukan yang berbeda pula. kampus yang menjadi pusat kegiatan akademik untuk S1, S2, dan S3 serta kantor rektorat ini juga ada di kampus Darmaga yang berada di Jl. Raya Darmaga Kampus IPB, Darmaga, Bogor Jawa Barat. Kampus yang memiliki luas 267 yang juga tersedia fasilitas sosial dan juga fasilitas umum. Pemilihan karya serta inovasi Indonesia yang paling prospektif yaitu disandang IPB pada tahun ini yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Business Innovation Center.

Visi IPB yaitu ‘‘Menjadi perguruan tinggi yang memiliki basis riset kelas dunia dengan memiliki kompetensi utama dalam pertanian serta tropika dan biosains yang berkarakter kewirausahaan” kemudian Misi dari Menyelengarakan pendidikan tinggi yang bermutu tinggi dan pembinaan untuk kemahasiswaan yang memiliki komprehensif dalam rangka untuk meningkatkan daya saing untuk bangsa.

Dalam Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan kebutuhan masyarakat agraris dan bahari yaitu pada masa sekarang serta kecenderungan yang ada pada masa yang akan datang. Membangun sistem dan manajemen perguruan tinggi memiliki karakter kewirausahaan, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Mendorong untuk terbentuknya masyarakat yang madani berdasarkan dari kebenaran dan hak asasi manusia. Yaitu pada tahun ini di IPB kembali menjadi salah satu perguruan tinggi yang paling berlimpah untuk menyumbangkan karya inovasi. Yang di mana selama kurang lebih tujuh tahun dalam sepanjang tahun 2008-2014, IPB ini sudah menyumbang karya inovasi terbanyak di bandingkan dari perguruan tinggi lain yang ada di Indonesia.

gambar institut Pertanian Bogor

Pada tahun 2008 memiliki sebanyak 21 karya inovatif dari IPB dari 100 atau sebesar 21 persen, keudianpada tahun 2009 memiliki 24 persen dari 101, selanjutnya untuk tahun 2010 menjadi 51 persen dari 102. Lalu kemudian di tahun 2011 yaitu sebesar 35 persen dari 103, kemudian tahun 2012 ini sebesar 48 persen dari 104, pada tahun 2013 ini sebesar 55 persen dari 105. Kemudian pada tahun 2014 sebesar 44 persen dari 106, dan kemudian pada tahun 2015 IPB ini kembali menjadi kampus yang paling inovatif nasional dengan memiliki sumbangan karya dengan inovasi sebanyak 38 dari 107 karya untuk inovasi Indonesia yang paling prospektif sebesar 36 persen.

Baca juga: Tips Memilih Kampus Swasta

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai IPB Kampus Paling Produktif dan Inovatif di Indonesia, semoga bermanfaat

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Kampus Produktif dan Inovatif di Indonesia"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.