Kapan Olimpiade Astronomi Dilaksanakan

Olimpiade astronomi – apakah anda pernah mendengar yang namanya astronomi? Pada kalangan pelajaran, astronomi sudah cukup dikenal merupakan salah satu pelajaran dan memang biasa dilombakan untuk setiap tahun pada ajang yang berjenjang Olimpiade Astronomi. Dan kompetisi yang berlangsung mulai dari tingkat sekolah hingga tingkat nasional tersebut pada akhirnya bisa membawa banyak anak bangsa Indonesia yang sudah terpilih dan juga yang terbaik guna berkompetisi pada tingkat internasional. Dan Olimpiade Astronomi dalam Negara Indonesia telah dimulai dari tahun 2003 yang ditandai dengan keikutsertaannya tim Indonesia pada kompetisi International Astronomy Olympiads atau disebut dengan (IAO) yang sudah berlangsung di Stockholm. Dalam masa itu Indonesia telah pulang dengan membawa 2 perak dengan 1 perunggu. Dan kedua medali perak tersebut telah diraih siswa yang berasal dari Bandung. Semenjak peristiwa itu, Indonesia dengan rutin telah mengikuti kompetisi IAO hingga tahun 2012 dan selalu pulang dengan membawa medali.

Hingga tahun 2005, Negara Indonesia hanyalah berkiprah dalam ajang IAO. Tetapi adanya penolakan permintaan Thailand supaya menjadi tuan rumah ajang IAO pada tahun 2005 guna merayakan ulang tahun dari Raja Bhumibol Abdulyadej, yang akhirnya telah melahirkan terbentuknya kompetisi baru bernama International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) di tahun 2006. Dan pembentukan dari IOAA pun ikut diprakarsai negara Indonesia di tahun 2007 yang memang menjadi tahun pertama untuk pelaksanaan IOAA. Sedangkan Tujuan IOAA ialah untuk bekerja sama dalam kalangan pendidik astronomi hingga pada akhirnya bisa saling bertukar informasi terkait pendidikan astronomi dalam negara masing-masing. Yang juga diharapkan untuk bisa saling mendukung perkembangan dari bidang astronomi dalam masing-masing negara peserta kompetisi tersebut.

Sama halnya dengan IAO, kiprah siswa Indonesia dalam IOAA juga sudah cukup membanggakan sebab setiap tahunnya selalu memperoleh medali. Negara Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah kompetisi IOAA di tahun 2008 yang ada di kota Bandung 2015 dan di Magelang. Dengan adanya Olimpiade Astronomi, maka diharapkan bisa menjadi salah satu metode untuk dapat memperkenalkan astronomi bagi siswa maupun guna membangun kesadaran terdapat kajian ilmu yang bernama astronomi dalam kalangan masyarakat umum lainnya. Tidak dapat dipungkiri jika yang dapat mengikut kompetisi ini hanyalah mereka yang memiliki kemampuan akademik terutama dalam bidang Fisika serta Matematika yang cukup baik. Walaupun demikian, siswa yang kemudian akan tertarik dengan bidang astronomi akan bisa mengembangkan diri dalam menekuni hobinya tersebut. Astronomi bukan hanya berbicara terkait keberhasilan akademik tapi juga hobi serta kreativitas dalam lintas bidang. Apalagi astronomi juga dapat dikenal melalui budaya Indonesia.

Baca juga Jadwal, Tema, Syarat OSN Tingkat SD, SMP, SMA 2016

Pada acara meriahnya Pekan Antariksa Dunia dan hendak diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Astronomi atau (Himastron) ITB, Olimpiade Astronomi serta kuliah umum yang temanya serupa menjadi sebuah acara utama dan diusung bukan hanya pameran karya mahasiswa Astronomi ITB.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Kapan Olimpiade Astronomi Dilaksanakan"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.