Mata Kuliah Paling Menakutkan bagi Mahasiswa Psikologi

Jurusan psikologi ini merupakan salah satu jurusan yang sangat menantang, karena mempelajari tentang jiwa dan perilaku manusi dan semua tentang manusia kecuali anatomi seperti yang dilakukan oleh mahasiswa kedokteran. Di Perguruan Tinggi Indonesia menjadikan jurusan psikologi ini menjadi sebuah fakultas, yakni fakultas psikologi. Selain itu menjadikan jurusan psikologi ini menjadi salah satu bagian dari fakultas IPS, tapi ada juga perguruan tinggi yang memasukkan jurusan psikologi ini ke salah satu kategori di fakultas IPA. Dan bagi Anda yang memiliki minat yang sangat tinggi untuk mengenali tentang jiwa manusia atau perilaku manusia dan ingin memberikan solusi dari permasalahan-permasalahan manusia, maka jurusan yang pas untuk Anda pilih adalah jurusan psikologi.

Tapi, meski sudah menjadi minat yang sangat besar bukan berarti semua yang akan dipelajari nanti semuanya menyenangkan. Buktinya dari banyaknya mahasiswa psikologi tetap ada mata kuliah tertentu yang menurutnya sangat menakutkan. Dan karena, ketakutannya tersebut tidak sedikit dari mahasiswa psikologi yang gagal pada mata kuliah tersebut dan akhirnya harus mengulang lagi di semester depan dan bertemu lagi dengan mata kuliah yang ditakuti tersebut. Jadi, bagi Anda calon mahasiswa baru di jurusan psikologi hendaknya tahu apa saja mata kuliah yang banyak ditakuti oleh mahasiswa psikologi agar sudah siap mental sebelumnya.

1. Psikologi Faal

Mempelajari tentang fungsi organ tubuh pada manusia, tentunya ini berbeda dengan mahasiswa kedokteran yang mengetahui fungsi organ dengan membeda-bedahnya juga. Bagi mahasiswa psikologi, mengetahui fungsi organ tubuh manusia ini hanya mengetahui fungsi-fungsi organ yang dapat mempengaruhi jiwa manusia saja. Bagi anak IPA mungkin cukup sulit memahami mata kuliah ini, begitu juga bagi anak IPS juga susah menyesuaikan karena banyak istilah kedokteran yang muncul dalam mata kuliah ini.

Baca juga: Ini Tipe Mahasiswa Yang Disukai Dosen
2. Konstruksi Alat Test (Kaupsi)

Yang membuat sulit mata kuliah ini karena membuat alat ukur kejiwaan manusia. Dan cara kerjanya pun cukup sulit, apalagi jika salah dalam mengitungnya. Oleh karena itu, mata kuliah ini menjadi salah satu mata kuliah yang sulit dan banyak ditakuti oleh para mahasiswa psikologi.

3. Kode Etik

Mungkin kedengaran simple, tapi yang dipelajari dalam mata kuliah kode etik ini adalah membahas tentang kode etik profesi dari seorang dari bidang psikologi. Bagian sulit dari mata kuliah ini adalah para mahasiswa psikologi harus hafal dengan dengan kode etik profesi bidang psikologi. Beda dengan jurusan lainnya yang mempelajari mata kuliah ini di semester akhir, jurusan psikologi mempelajari mata kuliah kode etik di semester awal.

4. Psikologi Diagnosa

Dalam mata kuliah ini harus siap-siap mental, karena akan dihadapkan secara langsung dengan manusia lain. Bisa teman sekelas ataupun orang lain yang diundang atau menjadi bahan praktek. Dalam hal ini Anda sebagai mahasiswa psikologi harus memperlihatkan pribadi yang baik, bijaksana dan profesional. Jika Anda lebih lemah mentalnya dari orang yang akan Anda observasi atau interview maka akan terlihat lucu sekali dan bisa membuat Anda gagal dalam mengenali jiwa orang lain.

Baca juga: Mata Kuliah Paling Menakutkan bagi Mahasiswa Kedokteran

Demikian beberapa Mata Kuliah Paling Menakutkan bagi Mahasiswa Psikologi semoga berguna untuk Anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Mata Kuliah Paling Menakutkan bagi Mahasiswa Psikologi"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.