SNMPTN 2016 Tetap Gratis, Ini Alasannya!

SNMPTN 2016 - Pada tahun lalu pendaftaran dari SNMPTN bagi siswa kelas 9 SMA dan sederajat berjalan tanpa adanya pungutan apapun baik itu bagi pengaju beasiswa bidik misi ataupun non penerima beasiswa bidikmisi (pendaftaran reguler). Akan tetapi pada tahun 2016 ada isu yang menyatakan jika SNMPTN akan dicabut oleh pemerintah. Namun kebenaran hal tersebut masih sekedar kabar dan belum ada kepastian terkait hal tersebut. Padahal kalau kita jeli, kebijakkan pemerintah terkait SNMPTN berbayar tersebut di nilai banyak pihak telah melanggar undang- undang. Adapun Undang- Undang yang akan dilanggar pemerintah jika kebijakkan ini tetap di berlakukan adalah Undang- Undang Pendidikan Tinggi No 12 tahun 2012. Karena dalam peraturan perundang- undangan tersebut secara jelas bahwa calon mahasiswa yang akan masuk kedalam pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah secara nasional adalah tanpa biaya alias gratis. Dan perlu anda ketahui juga, biaya ini berlaku bagi semua peserta baik yang masuk melalui jalur tulis atau undagan. Alasan inilah yang menguatkan jika SNMPTN 2016 Tetap Gratis karena untuk merealisasikan kebijakan SNMPTN berbayar harus melalui revisi Undang- Undang terlebih dahulu.

Baca Juga: Kursus Online Bersertifikat di Indonesia

Hal ini diperkuat oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang menjelaskan bahwa mengamandemen UU hanya aka menghabiskan waktu karena proses yang ada di DPR akan lama. Hal ini belum lagi di persulit ketika ada tuntutan dari masyarakat mengenai SNMPTN yang gratis, karena di dalam Undang- Undangnya jelas tanpa di pungut biaya. Kendati panitia SNMPTN hanya eksekutor Kemenristik Dikti, namun jangan sampai tertdapat peraturan yang saling kontradiksi dengan Undang- Undang yang ada. oleh karena itu SNMPTN 2016 Tetap Gratis dan apabila ingin merubahnya maka mau tidak mau pemerintah juga harus merefisi peraturan yang ada.

gambar SNMPTN 2016

Mulai dari bulan Oktober kemarin panitia SNMPTN sudah mulai bekerja dan diharapkan paling lambat akhir bulan Desember ini sudah ada keputusan mengenai polemik ini agar tidak berlarut- larut. Karena krtimbang harus mefikirkan isu yang kontraproduktif ini lebih baik digunakan untuk membahas isu- isu yang lebih penting dan produktif lainya mengenai dunia pendidikan yang ada di Indonesia. Meski subsidi tersebut tidak banyak jumlahnya, namun sejak di gratiskanya SNMPTN lulusan SMA/ masyarakat yang ingin kuliah juga semakin meningkat. Selain itu SNMPTN gratis yang mengundang siswa siswi berprestasi merupakan apresiasi tersendiri pemerintah kepada siswa yang memiliki prestasi lebih dan itu artinya negara melalui pemerintah juga ikut serta memperhatikan mereka yang memiliki potensi untuk menjadikan bangsa lebih maju. Itulah uraian mengenai alasan mengapa SNMPTN 2016 Tetap Gratis. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, sekian dan terimakasih!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "SNMPTN 2016 Tetap Gratis, Ini Alasannya!"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.