Cara Membangun Karakter Peserta Didik

Sahabat Guru, Praktik pembentukan karakter di negara Indonesia semakin terpuruk pada saat ini, seperti pada tingkatan pengenalan nilai-nilai atau norma dan pada tingkatan tindakan nyata dan internalisasi di dalam aktivitas sehari-hari. Di dalam pembangunan karakter di Indonesia semua elemen harus dilibatkan, termasuk elemen pendidikan yaitu proses pembelajaran, isi kurikulum, kualitas hubungan , penanganan, penilaian atau pengelolaan pada mata pelajaran. pelaksanaan aktifitas, pengelolaan sekolah, pembiayaan , pemberdayaan sarana prasarana dan etos kerja kepada seluruh lingkungan dan warga sekolah. Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman terhadap nilai-nilai karakter pada warga sekolah berupa komponen kesadaran, pengetahuan dan tindakan dalam melaksanakan nilai tersebut, kepada Tuhan Yang Maha Esa, sesama Lingkungan, diri sendiri ataupun kebangsaan agar menjadi insan Kamil.

Pendidikan Karakter yang bertujuan Membangun Karakter Peserta Didik adalah sebuah program ynag tersusun rapi berdasarkan pada prinsip tertentu dan cara pemikiran yang sesuai dengan misi dan tujuan di tiap lembaga pendidikan. Oleh karena itu, supaya kita bisa mengetahui kemajuan dan perkembangan serta keberhasilan dalam program ini di butuhkan standar dalam penilaian dan cara evaluasi yang sangat tepat supaya program bisa di tingkakan untuk menjadi lebih efektif. Terlepas dari banyaknya berbagai kekurangan di dalam praktik pendidikan di negara Indonesia, jika di pandang dari standar nasional dalam pendidikan yang menjadi tumpuan pengembangan kurikulum, implementasi dalam penilaian dan pembelajaran di sekolah, tujuan dari pendidikan karakter di sekolah baru hanya menyentuh pada tingkatan pada pengenalan norma ataupun nilai-nilai, belum pada tingkatan tindakan nyata dalam aktivitas di kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Peran Guru Dalam Pembangunan Karakter Peserta Didik

Pendidikan dasar adalah kelanjutan dari pendidikan di dalam lingkunagan keluarga. Kerja sama antara keluarga dengan sekolah merupakan suatu hal yang sangatlah penting. Sekolah tentunya tidak mungkin bisa mengembangkan pendidikan karakter tanpa adanya peran aktif dari orang tua. Tentu nya kerjasama antara keduanya sangat dibuthkan. Komunikasi sekolahan dengan keluarga siswa dapat bermacam-macam mulai dari pertemuan dengan orang tua, surat edaran, buletin sekolah dsb. Intinya, segala macam cara maupun alat komunikasi bersama orang tua tentunya bisa digunakan. Pengembangan dalam pendidikan karakter memiliki tujuan untuk membuat anak tumbuh dengan sehat. Pada setiap program yang telah dibuat harus mempertimbangkan kesehatan pertumbuhan pada peserta didik. Kesehatan yang dimaksud merupakan kesehatan rohani , jasmani dan psikologis. Anak-anak seharusnya diajari bagaimanakah cara untuk menjaga kesehatan. Mereka juga perlu mengenali makanan yang sehat di lingkungan sekolah mereka.

Baca juga: Cara Penerapan Pendidikan Berkarakter di Sekolah

Program pendidikan pada karakter pada tingkat dasar yang bertujuan membuat anak senang. Dinamika kelompok , berbagai jenis permainan serta berbagai permainan lain yang di tujukan supaya anak yang bergembira. Kegembiraan tidak lah bersifat individual, tetapi kegembiraan semua. Program untuk pendidikan karakter yang bisa berhasil membuat semua anak akan menjadi gembira dan riang. Demikian Membangun Karakter Peserta Didik.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Cara Membangun Karakter Peserta Didik"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.