Cara Yang Benar Membuat Perangkat Pembelajaran Guru

Rencana perangkat pembelajaran atau RPP merupakan salah satu perangkat yang mesti disusun oleh guru sebelum ia melakukan pembelajaran. Hakikat dari belajar sendiri itu adalah berusaha agar sesuatu yang diajarkan tersebut dapat dipahami oleh siswa. Maka dari itu harus berusaha sedemikian rupa untuk dapat memberikan pelajaran terbaik untuk para siswanya, sehingga penting bagi guru untuk menguasai serta membuat RPP dengan baik dan benar.

Namun terkadang tidak sedikit pula seorang guru dalam mengajarnya ia tidak taat pada rencana silabus sehingga ia pun juga mengabaikan tidak membuat rancangan pembelajaran dngan benar, hal ini banyak kemungkinan. Salah satunya ialah karena ia tidak menguasai cara-cara membuat RPP yang baik dan benar.

Nah, dalam artikel kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda semuanya tentang cara yang benar membuat perangkat pembelajaran guru, mari kita simak ulasan detail berikut ini tentang cara yang benar dalam membuat perangkat pembelajaran guru:

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang guru di dalam menyusun RPP, salah satunya adalah dengan:

  1. RPP harus disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
  2. RPP yang baik dan benar itu harus jelas, artinya adalah siapapun yang mengajarkan akan bisa membaca dan melakukan karena di dalamnya dipaparkan tahap demi tahap (proses), maka dari itu guru dituntut untuk bisa membuat dan memahami konteks dalam RPP tersebut.
  3. RPP mesti harus menggambarkan prosedur, dalam struktur organisasi pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan juga dijabarkan dalam bentuk silabus.
  4. Dalam hal ini seorang guru harus memperhatikan pada susunan indikator dalam RPP, guru harusnya melibatkan 3 aspek (kognitif, afektif, psikomotorik) tetapi tidak harus semuanya.
  5. Salah satu dari ciri-ciri indikator yang kreatif dalam menyusun RPP ini adalah tentunya akan berorientasi pada produk yang akan dibuat oleh siswa. Misal saja siswa membuat jurnal umum serta banyak lagi jenis penugasan yang kreatif dan memaksa siswa mempreaktekan berpikir tingkat tinggi, itulah substansi dari penyusunan RPP yang baik lagi benar.
  6. Langsung mengajar tanpa membuat RPP terlebih dahulu boleh saja, asalkan seorang pendidik atau guru sudah memahami konteks pembelajarannya, karena substansi dari pembelajaran adalah transformasi mata pelajaran yang di ajarkan oleh guru kepada siswa, sangat tidak baik jika seorang guru meski ia memiliki RPP yang bagus namun tidak menguasai manta pelajaran tersebut.
  7. Standar khusus RPP; ada beberapa langkah-langkah awal, inti, akhir serta disertakan jenis penilaiannya. Itulah yang menjadikan susunan rencana pembelajaran akan terlihat lebih sempurna.
Silahkan:
Download Perangkat Pembelajaran KTSP dan Kurikulum 2013

Download Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Guru 1
Download Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Guru 2
Download Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Guru 3

Demikian informasi tentang cara yang benar membuat perangkat pembelajaran guru yang dapat kami sampaikan kepada Anda semuanya, semoga bermanfaat

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Cara Yang Benar Membuat Perangkat Pembelajaran Guru"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.