Empat Komponen Pegangan Guru

Empat Komponen Pegangan Guru - Guru merupakan salah satu unsur terpenting yang harus ada dalam dunia pendidikan. Jika seorang guru tidak memiliki sikap yang profesional maka peserta didik akan mengalami kesulitan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal tersebut dikarenakan guru merupakan salah satu tumpuan negara dalam dunia pendidikan. Dengan hadirnya guru yang berkualitas dan profesional maka akan mampu menciptakan anak bangsa yang memiliki kualitass pula. Seorang guru harus memiliki kompetensi mengajar yang baik. Kompetensi merupakan seperangkat ilmu dan juga ketrampilan mengajar yang harus dimiliki oleh setiap guru dalam memenuhi tugasnya sehingga tujuan dari pendidikan dapat tercapai dengan baik. Seorang guru harus memiliki kompetensi kepribadian yang baik, kemampuan tersebut adalah kemampuan kepribadian yang stabil, dewasa, arif, bijaksana, berwibawa dan juga berakhlak mulia.

Baca juga: Pro dan Kontra Penerepan Kurikulum 2013

Istilah profesional sangat sering dihubungkan dengan orang yang menerima gaji dari apa yang telah dikerjakan. Namun, dalam kaitannya dengan hal ini guru profesional merupakan guru yang memiliki ilmu tertentu yang mendalam dan yang bisa dipertanggungjawabkan. Oleh sebab itu, guru harus memiliki kemampuan khusus ataupun sebuah kemampuan yang tidak mungkin dimiliki oleh seseorang yang bukan guru. Setiap guru harus dididik secara periodik untuk melaksanakan tugasnya. Seorang guru dituntut untuk mempunyai profesionalitas tinggi terutama bagi guru yang telah mempunyai sertifikat.

Menteri Pendidikan dan Kebudayan Indonesia menyebutkan bahwa ada Empat Komponen Pegangan Guru yang menjadi pegangan sekaligus alat yang dapat digunakan untuk mengukur standar kemampuan dari seorang guru. Empat hal tersebut adalah apresiasi, kompetensi, sertifikasi, dan juga kinerja guru. Empat komponen tersebut tidak bisa berdiri sendiri, hal tersebut dikarenakan kinerjanya yang saling berkaitan satu sama lainnya. Tapi kenyataannya para guru cenderung berjuang dalm mendapatkan sertifikasi dan melewatkan komponen – komponen penting liannya. Apabila empat komponen tersebut berkaitan maka kinerjanya pun akan saling berhubungan karena hal tersebut akan sama dengan visi pengelolaan guru.

Baca juga: Mewujudkan Pendidikan karakter Berkualitas

Persoalan / permasalahan guru saat ini terjadi dikarenakan manajemen guru yang masih menjadi alat dalam bidang politik. Guru dianggap mampu memberi pengaruh dalam memenangkan salah satu calon. Sebaiknya pengelolaan guru antara karir pada manajemen dengan karir di mengajar harus dipisahkan. Karena banyak guru yang memiliki manajemen yang kuat dan baik belum tentu bisa mengajar dengan baik dan profesional. Dorongan kemajuan pendidikan bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah tetapi juga tergantung pada kemampuan guru untuk berkompetensi. Uji Kompentensi Guru (UKG) adalah langkah awal dalam pengajaran, sehingga pemerintah bisa mengetahui komponen mana saja yang sudah baik dan komponen apa yang masih perlu dikembangkan. Demikianlah Empat Komponen Pegangan Guru yang harus dimiliki oleh seorang guru.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Empat Komponen Pegangan Guru"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.