Kunci Sukses Menghadapi Ujian Nasional

Kunci Sukses Menghadapi Ujian Nasional adalah salah satu materi yang harus dikuasai oleh guru dan peserta didik. Ujian Nasional merupakan kegiatan yang tidak dapat dihindarkan dari anak-anak di jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan sederajat. Kurikulum pendidikan di Indonesia menerapkan sistem ujian nasional sebagai syarat peserta didik agar dapat ditetapkan LULUS di tingkatan pendidikan formal. Ada standar pencapain nilai tertentu yang harus dicapai supaya peserta didik dapat dinyatakan lulus. Tapi apabila standar itu tidak dapat dicapai maka sudah pasti peserta didik tidak lulus ujian. Hal tersebutlah yang membuat sebagian pendidik mearasa takut dalam menghadapi Ujian Nasional. Mereka menganggap bahwa UN merupakan pertaruhan terahir dalam menentukan berhasil atau tidaknya mereka dalam belajar.

UN akan mempengaruhi mental siswa dimana mereka dihantui perasaan takut dimarahi orang tua, takut tidak lulus, kurang persiapan, merasa malu, dan lain sebagainyya. Syarat pertama yang mutlak harus disiapkan dalam menghadapi UN adalah belajar tekun dan rajin supaya mampu menguasai materi pelajaran yang nantinya akan diujikan nanti. Seseorang tidak akan pintar dan tahu tanpa belajar. Anda perlu menggunakan cara belajar yang efektif dan efesien. Untuk belajar cepat dan efektif, yang pertama harus kalian lakukan adalah menguatkan mental, jangan biarkan diri kalian dihantui oleh rasa takut akan tidak lulus. Yakinlah bahwa apabila ada kemauan disitulah pasti akan ada jalan.

Salah satu Kunci Sukses Menghadapi Ujian Nasional adalah dengan memperkaya materi dengan cara mengerjakan latihan –latihan soal-soal ujian lebih banyak. Anda dapat membatasi sendiri waktu dalam mengerjakan soalnya, buatlah kondisi seakan – akan anda sedang mengerjakan soal UN. Dengan seperti itu, anda akan terbiasa dengan siatuasi Ujian Nasional yang sebenarnya. Disamping itu, dukungan dan pengawasan dari orang tua sangat dibutuhkan bagi anak dalam belajar. Hal tersebut sangat dibutuhkan saat mau atau sedang menghadapi UN. Orang tua pasti ingin melihat anaknya sukses dalam menjalani ujian nasional dan mendapat nilai terbaik dan mereka pasti menginginkan anaknya lulus ujian dengan nilai yang baik. Orang tua pasti ingin anaknya dapat mengukir prestasi di sekolah.

Silahkan: Download Latihan Soal UN dan Kunci Jawaban 2016
gambar Dokumen UN 2016

Namun masalahnya saat menghadapi ujian, anak tidak diajarkan cara menghadapi ujian nasional yang baik dan benar berdasarkan kebutuhan mental dan psikologi anak. Hal ini sangatlah penting untuk diketahui oleh setiap orang tua. Dalam hal ini, peran orang tua adalah yang utama bagi perkembangan anak. Perlu diketahui bahwa “kesuksesan tidak dapat dicapai secara kebetulan, namun hal tersebut dbutuh persiapan dan strategi yang mantap dan tepat”. Oleh karena itu, agar anak sukses dalam menghadapi Ujian Nasional, anak harus mempunyai persiapan yang mantap dan tepat. Anak harus siap secara mental dan menguasai materi pelajaran dengan baik. Demikianlah Kunci Sukses Menghadapi Ujian Nasional yang perlu anda ketahui. Selanjutnya silahkan Download juga Dokumen Penting Pendukung Pelaksanaan UN 2016

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Kunci Sukses Menghadapi Ujian Nasional"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.