Peran Guru dalam Pembangunan Karakter Peserta Didik

Apa Peran Guru dalam Pembangunan Karakter Peserta Didik? - Guru yang nantinya akan diingat siswanya adalah guru yang sangat menginspirasi dan dapat membangun karakter siswa. Para guru tidak seharusnya kuatir terhadap nilai berupa angka yang siswa dapatkan saat ini. Jika siswa merupakan pembelajar, maka mereka bisa menemukan peluang agar mengembangkan diri dan terus berkembang. Demikian juga ketika didalam kelas seorang guru adalah sosok primadona untuk peserta didiknya seornag yang sangat menyenangkan dan panutan yang berarti jika tidak diajar oleh para guru tersebut siswa merasa kehilangan.

Sekolah dan guru merupakan penentu untuk berhasil tidaknya dalam proses belajar mengajar di sekolah. Tak akan ada lagi guru yang akan ditakuti dan dibenci , tetapi yang ada hanyalah guru yang sangat disegani dan dihormati. Guru adalah sosok yang fenomenal bagi siswanya. Guru bukanlah hanya mengajar tetapi juga mendidik dan predikat itulah yang disandang oleh para guru. Peran Guru dalam Pembangunan Karakter Peserta Didik disekolah adalah sangat penting. Karakter yang bervariasi dari masing masing guru, ada guru yang menerapkannya dengan cara keras dan ada juga yang menggunakan pendekatan persuasif dengan tujuan yang sama yaitu adanya niat mulia untuk membentuk karakter siswa yang bagus dan mumpuni. Tak ada guru yang merasa menyerah hanya dikarenakan sesuatu hal yang menyinggung, kekecewaan dan kemarahan misalnya dengan mengurungkan niat mulia tersebut. Guru hendaknya dapat mengenyampingkan hal tersebut karena demi satu kata bahwa tugas itu sangat mulia yaitu membentuk calon generasi muda sebagai penerus bangsa.

Baca juga: Penerapan Pendidikan Berkarakter Di Sekolah

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan perhatian khusus tentang pentingnya pendidikan karakter. Hal ini dikarenaan banyaknya keresahan yang sering timbul akibat hilangnya akhlak mulia dan karakter masyarakat khususnya generasi muda pada saat ini. Jika pada saat ini Kemendikbud memfokuskan pada pendidikan karakter yang didasarkan pada keingintahuan intervensi dan intelektual tentunya diharapkan akan bisa menghasilkan budaya di sekolah yang berbudi pekerti luhur dan santun. Selain itu, pendidikan karakter merupakan masalah yang kompleks jika tidak hanya terpaut pada satu aspek saja, tetapi juga menyeluruh dimensi kehidupan di sekolah. Guru dan kepala sekolah harus dapat menjadi panutan untuk siswa-siswa nya. Sehingga pembiasaan pada karakter yang sangat santun dilakukan diluar sekolah. Proses pendidikan seharusnya menyentuh karakter. Karakter mulia dalam diri anak yang di butuhkan untuk membangun interaksi yang sangat baik antara sekolah , orang tua dan masyarakat. Baik di lingkungan sekolah, masyarakat dan rumah dimana anak tersebut sedang tinggal. Dengan interaksi baik dari tiga unsur harus menerapkan pengembangan karakter agar terbentuk nya kepribadian anak baik. Demikianlah Peran Guru dalam Pembangunan Karakter Peserta Didik.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Peran Guru dalam Pembangunan Karakter Peserta Didik"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.