Persiapan Ujian Nasional yang dapat dilakukan sekolah

Persiapan UJIAN NASIONAL yang dapat dilakukan sekolah - Ujian Akhir Akhir Nasional (UNAS) bisa dibilang tinggal menghitung hari. Bagi sekolah sudah hal yang pasti untuk mempersiapkan segalanya demi mengantarkan anak didiknya menuju sukses. Persiapan tersebu contohnya penambahan jam pelajaran untuk setiap mata pelajaran yang diujikan di UJIAN NASIONAL. Selain itu, menyelenggarakan try out untuk melihat kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah di ajarakan. Tetapi jika dilihat dari aspek program UJIAN NASIONAL adalah agenda yang dilaksanakan rutin setiap tahun, jadi sekolah tidak perlu merasa khawatir yang berlebih dengan melakukan bermacam-macam cara seperti membentuk tim sukses.

Ujian Akhir Nasional yang sukses adalah bagian dari keberhasilan sekolah yang mengantarkan siswanya selama tiga tahun. Ini jika dilihat dari sisi pelaksanaan UNAS yang dilakasanakan dengan cara yang manusiawi, jujur dan bermartabat. Hal ini berarti sekolah tidak boleh ikut campur dalam pelaksanaan UJIAN NASIONAL seperti mengatur agar siswa yang pintar agar dapat membantu temannya yang kurang pintar, atau guru memberikan kunci jawaban kepada siswanya. Kalau tahun depan ini hal itu masih terjadi, maka sesungguhnya Ujian Nasional tidak pernah berhasil dari tahun ke tahun.

Persoalan yang sering muncul dan dirasakan oleh Kepala Sekolah adalah adalah kekhawatiran berlebih terhadap siswanya tidak bisa lulus UJIAN NASIONAL. Selain itu, tekanan yang diberikan oleh dinas pendidikan bisa menjadi beban mental untuk kepala sekolah, karena jika ada sekolah yang muridnya tidak lulus 100%, hal ini akan berdampak kepada bantUJian Nasional pengembangan dan pembangunan fasilitas sekolah. Hal ini merupakan persoalan klasik yang disebabkan oleh UJIAN NASIONAL. Substansi dari UJIAN NASIONAL ialah sarana dalam mengukur kesuksesan sekolah didalam proses belajar dan pembelajaran, jika dalam penyelenggaraan ujian siswanya tidak bisa lulus 100%, bararti ada hal yang harus segera diperbaiki.

Sebenarnya persoalan yang kerap terjadi setiap tahun bisa dilokalisir sedemikian rupa, hal ini tergantung pada kemampUJian Nasional sekolah dalam membuat program pembelajaran yang dapat ditUJian Nasionalgkan didalam proses pembelajaran.

Artikel Terkait:
  1. Syarat Sekolah Penyelenggara UN 2016
  2. Kunci Sukses Menghadapi UN 2016
  3. Download POS UN, Jadwal UN, kisi-kisi soal UN 2016
  4. Contoh SK Panitia UN 2016
  5. Contoh Soal Latihan UN 2016
  6. Buku Saku Tanya Jawab UN 2016
Persiapan UJIAN NASIONAL yang dapat dilakukan sekolah ialah, dengan melakukan pemetaan (SKL) Standar Kompetensi Lulusan di setiap pelajaran yang diujikan di UJIAN NASIONAL. Pemetaan SKL sangatlah penting, karena setiap siswa tidak memiliki kemampUJian Nasional yang sama. Langkah selanjutnya Kepala sekolah harus melakukan bedah SKL bersama guru-guru lainnya untuk menentukan hasiln yang akan dijadikan sebagai tumpUJian Nasional dasar dalam menghadapi UJIAN NASIONAL. Kepala sekolah dan guru-guru yang telah melakukan bedah SKL secara filosofis telah mengerti apa yang mereka harus lakukan kepada siswanya, kemudian mereka bisa memprediksi soal-soal UJIAN NASIONAL yang akan diujikan nanti?. Yang terpenting, guru harus bisa menganalisis SKL secara berkelanjutan, dengan terus menganalisa secara komprehensif soal ujian di tahun sebelumnya. Demikianlah, artikel tentang Persiapan UJIAN NASIONAL yang dapat dilakukan sekolah

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Persiapan Ujian Nasional yang dapat dilakukan sekolah"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.