Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri

Bagaimana cara mendapatkan beasiswa di luar negeri? Diantara banyak orang mungkin ada beberapa darin mereka yang ingin melanjutkan study keluar negeri. Banyak alasan yang melatar belakangi keinginan tersebut, ada yang menganggap kuliah di luar negeri lebih baik dan masih banyak alasan lainnya. Mungkin banyak orang yang belum tahu bagaimana cara mendapat beasiswa ke luar negeri. Berikut ini beberapa cara untuk mendapat beasiswa ke luar negeri. Yang pertama, kita harus memastikan bahwa kita memiliki prestasi yang baik. Nilai memang bukanlah segalanya, tapi hal itu akan menjadi pertimbangan. Dengan prestasi yang bagus, maka akan menambah peluang kita dalam memperoleh beasiswa ke luar negeri. Selain prestasi yang bagus, kita juga harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Standar minimal agar bisa memperoleh beasiswa di luar negeri adalah mendapat 550 point dalam tes TOEFL.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar mendapatkan hasil TOEFL yang tinggi. Kita dapat mengikuti kursus bahasa Inggris. Tapi di luar itu, terdapat cara yang lain seperti membiasakan diri dengan lagu berbahasa inggris dan memahami maksud dalam lagu tersebut. Kita juga dapat belajar Bahasa Inggris di rumah dengan menonton Film luar negeri. Kita juga harus sering menulis agar kita terbiasa berbahasa Inggris, dengan cara itu kita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dari sisi bahasa tulis.

Cara mendapatkan beasiswa di luar negeri selanjutnya adalah membuat Motivation Letter dan CV (Curriculum Vitae). Dalam proses untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri menulis Motivation Letter dan CV (Curriculum Vitae) adalah suatu keharusan. Tulislah CV dengan jelas dan tidak bertele-tele. Jangan lupa untuk mencantumkan prestasi yang Anda dimiliki. Baik prestasi dalam bidang akademik ataupun non akademik. Mintalah bantuan kepada teman Anda untuk membaca ataupun mengoreksi CV yang telah Anda dibuat. Pada Motivation letter Anda harus menulis motivasi Anda dalam memilih jurusan atau universitas . Perlihatkan jika anda layak untuk masuk pada jurusan yang Anda pilih. Jelaskan mengapa Anda tertarik pada program tersebut, tunjukkan juga pencapaian yang telah kita raih selama ini.

Baca juga: Persyaratan Program Beasiswa Bidik Misi Pemerintah

Yakinkan mereka jika Anda memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik jadi Anda layak menerima beasiswa tersebut. Selain itu, jelaskan kontribusi yang akan berikan kepada Indonesia jika Anda telah kembali nanti. Saat Anda ditanya tentang alasan Anda untuk mendapatkan beasiswa, jangan menjawabnya dengan tujuan yang egois, seperti ingin menambah pengalaman. Tunjukkan jika Anda dengan menerima beasiswa maka Anda akan memiliki kapasitas yang lebih untuk berkontribusi ke lingkungan sekitar. Pemberi beasiswa biasanya lebih tertarik pada calon penerima yang mempunyai visi yang bermanfaat dan luas. Setelah Anda melewati semua hal yang diatas, Anda harus mempersiapkan diri untuk tes wawancara. Agar wawancara dapat berjalan lancar, maka Anda harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Demikianlah cara mendapatkan beasiswa di luar negeri yang perlu anda ketahui

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.