Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan Bangsa

Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan - Pada era ini, mahasiswa adalah asset besar negara yang sangat penting untuk masa depan. Sebagai agen perubahan, mahasiswa tidak harus bertindak layaknya seorang pahlawan yang dengan gagahnya datang untuk mengusir penjahat dan kemudian pergi dengan diiringi tepuk tangan dari penduduk. Hal tersebut memiliki arti bahwa mahasiswa bukan hanya penggagas perubahan, namun mahasiswa merupakan pelaku ataupun objek dari perubahan tersebut. Mahasiswa memiliki sikap kritis yang mampu menciptakan sebuah perubahan besar dan juga mereka dapat membuat para pemimpin yang tidak memiliki kompeten menjadi cemas dan juga gerah akan hal tersebut. Telah banyak terjadi ketidakadilan yang dilakukan oleh pemimpin bangsa ini. Mahasiswa seharusnya memikirkan cara untuk mengubah dan mengembalikan semua hal tersebut. Perubahan yang dimaksud disini adalah perubahan kearah hal yang positif dan tentunya tidak menghilangkan jati diri mahasiswa dan juga Bangsa Indonesia. Tapi yang perlu diketahui adalah ketika kita ingin merubah sebuah negara, hal terpenting yang terlebih dahulu perlu dirubah adalah diri kita sendiri.

Saat ini tindakan korupsi semakin memprihatinkan, hukum dapat dibeli, mahalnya biaya pendidikan, dan juga berbagai masalah lainnya. Tentunya hal tersebut tidak menjadi masalah bagi mereka yang memiliki kantong tebal, namun untuk golongan menengah kebawah hal tersebut sangat meresahkan. Hal inilah alasan kenapa mahasiswa harus mampu berperan aktif dan bertindak dengan kemampuan dan juga ilmu yang dimiliki. Peran mahasiswa sebagai social control sangat dibutuhkan saat terjadi hal yang tidak benar didalam masyrakat. Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan sudah seharusnya melawan hal – hal tersebut. Mahasiwa seharusnya mampu menumbuhkan jiwa kepedulian sosial yang tinggi yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat. Kepedulian terhadap masyarakat tersebut bukan hanya ditunjukkan dengan demo saja. Namun kepedulian tersebut dapat ditunjukkan dengan pemikiran-pemikiran cemerlang mahasiswa, melalui diskusi-diskusi, ataupun dengan memberi bantuan materil dan moril terhadap bangsa kita ini.

Disamping hal tersebut, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa sangat diharapkan mempunyai ketrampilan, akhlak mulia dan kemampuan untuk menjadi calon pemimpin yang tangguh dan jujur untuk masa depan bangsa yang lebih baik. Mahasiswa merupakan asset dan juga harapan bangsa di masa depan. Sejarah telah menunjukkan bahwa perubahan-perubahan besar dapat terjadi di tangan generasi muda, mahasiswa telah mampu melumpuhkan resim orde baru yang kemudian membawa Indonesia ke dalam era yang pada hari ini sedang bergulir yaitu era reformasi. Mahasiswa dikatakan sebagai iron stock yang berarti bahwa mahasiswa merupakan calon pemimpin bangsa dimasa depan dan sebagai pengganti generasi yang sudah ada. Dalam kaitannya dengan hal ini, mahasiswa tidak cukup hanya memupuk ilmu spesifik saja, namun mereka perlu memiliki soft skill seperti kemampuan memposisikan diri, leadership, dan memiliki rasa sensitivitas yang tinggi. Dari penjelasan – penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan yang sangat dibutuhkan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan Bangsa"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.