Masalah pendidikan di indonesia dan solusinya

Masalah pendidikan di indonesia - Bagi sebagian orang pendidikan di Indonesia dianggap masih dalam keadaan “sakit”. Hal ini dikarenakan pendidikan yang harusnya memanusiakan manusia tidak dilaksanakan dengan maksimal. Sering kali pendidikan di Indonesia tidak memanusiakan manusia. Masalah pertama dalam pendidikan di Indonesia adalah pendidikan yang cenderung menghasilkan “manusia robot”. Karena pendidikan di Indonesia tidak seimbang antara kognitif dan afektif siswa.

Unsur Integrasi akan semakin hilang, disintegrasilah akan terjadi. Belajar tidak hanya tentang berpikir. Di dalam belajar orang akan melakukan banyak kegiatan, seperti membandingkan, mengamati, menyukai, meragukan, semangat, dll. Pendidikan sering kali dilaksankan sebagai rentetan instruksi dari guru kepada siswa. Pendidikan sekarang cenderung menciptakan manusia yang siap pakai. “siap pakai” berarti menciptakan tenaga-tenaga yang diperlakukan dalam pengembangan teknologi dan industri. Melihat hal tersebut, tampaknya manusia dilihat sama seperti komponen atau bahan pendukung industri. Jadi, lembaga pendidikan diharuskan menghasilkan komponen tertentu yang dituntut pasar. Masalah kedua ialah sistem pendidikan di indonesia adalah sistem top down yakni dari atas ke bawah

Sistem pendidikan yang seperti ini tidak memberi kebebasan kepada siswa. Siswa dianggap belum mengerti apa-apa. Guru mengarahkan siswa untuk menghafal pelajaran yang diterangkan oleh guru. Otak murid dianggap sebagai safe deposit box, yang digunakan untuk mendapatkan pengetahuan dari guru. Murid hanya perlu menampung pengetahuan yang disampaikan oleh guru. Jadi guru disini sebagai subyek dan murid menjadi obyek. Model pendidikan seperti ini tidak memberi kebebasan pada siswa. Hasil model pendidikan seperti ini akan menciptakan manusia bisa memenuhi kebutuhan zaman tapi tidak bisa bersikap kritis pada zamannya.

Dalam kasus ini makna pendidikan yang di utarakan Ki Hajar Dewantara sangat relevan untuk direnungkan. Terdapat dua solusi untuk masalah pendidikan di indonesia yaitu yang pertama solusi sistemik, yaitu solusi untuk mengubah sistem sosial yang berkesinambungan dengan sistem pendidikan. Seperti yang diketahui sistem pendidikan di Indonesia berkaitan dengan penerapan sistem ekonomi yang memiliki prinsip untuk meminimalkan peran dalam permasalahan publik, seperti pendanaan dalam pendidikan.

Baca juga: Dilematis Pendidikan Gratis Di Indonesia

Yang kedua adalah solusi teknis, dimana solusi ini berhubunagn dengan hal teknis yang berkaitan dengan pendidikan. Solusi ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah seperti kualitas para guru dan prestasi siswa. Contohnya kualitas guru rendah, misalnya, di samping memberi peningkatan dalam kesejahteraan, juga membiayai guru untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, dan memberikan guru pelatihan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas mereka. Sedangkan untuk siswa yang berprestasi rendah, solusinya adalah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas materi pelajaran, sarana pendidikan, dll. Dengan solusi tersebut, pendidikan di Indonesia diharapkan bisa dari keterpurukannya, sehingga akan menciptakan generasi baru yang bermartabat dan berbudi luhur. Demikianlah, ulasan tentang masalah pendidikan di indonesia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 Response to "Masalah pendidikan di indonesia dan solusinya"

  1. KISAH NYATA PNS

    Bpk Drs Warli, M.Si No Hp
    085-313-330-576

    4 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SD Negeri 1 Cilacap, Sudah 12 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs Warli, M.Si beliau selaku (Kepala Biro Kepegawaia dan Kerjasama antar Lembaga)di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs Warli, M.Si no HP Beliau: 085-313-330-576 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 02 Desember 2015 kemarin saya melakukan komunikasi pembiciraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Drs Warli, M.Si Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.