Program Excellent Class, Solusi atau Diskriminasi?

Program Excellent Class - Sampai sekarang, pendidikan di indonesia masih mengutamakan kecerdasan sebagai salah satu faktor dominan untuk melihat kesuksesan seseorang. Keadaan ini akan menyebabkan permasalahan ketika ada perbedaan IQ yang signifikan diantara siswa. Ketika ada beberapa anak yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata, para pengajar biasanya menggunakan metode yang berbeda dari siswa lain yang memiliki kecerdasan dibawahnya. Salah satu metode tersebut adalah dengan adanya excellent class. Tampaknya, metode ini dapat mengatasi perbedaan kecerdasaan diantara siswa. Siswa yang memiliki IQ diatas rata-rata bisa mengembangkan kemampuannya secara kontinyu dan tidak terhambat. Akan tetapi jika melihat persoalan secara lebih integral, terdapat beberapa hal negatif yang disebabkan oleh pengklasifikasian kelas dalam pelaksanaan metode tersebut.

Misalnya saja, pemisahan antara siswa yang cerdas dan kurang cerdas membuat siswa yang cerdas tidak mempunyai teman agar dapat membantu teman yang lain untuk memahami pelajaran. Meskipun setiap kelas mempunyai guru sebagai seorang pengajar yang menjelaskan materi kepada siswanya, bukanlah perkara yang mudah bagi seorang guru untuk membuat siswanya paham dalam waktu yang cepat kepada semua siswa. Anak yang memiliki kecerdasan yang lebih, sangatlah dibutuhkan dalam proses pembelajaran untuk membantu teman-temannya. Pemisahan antara siswa tersebut bisa disebut dengan ‘diskriminasi’. Sebenarnya, mereka yang ada di kelas reguler tidak bisa dikatakan tidak berbakat atau tidak memiliki kemampuan. Mereka juga mempunyai kecerdasan seperti layaknya anak-anak yang lain. Tetapi pemisahan kelas ini bisa mempengaruhi penilaian mereka terhadap diri mereka sendiri. Mereka mungkin akan merasa tidak spesial, biasa, dan tidak mempunyai kelebihan lainnya.

Sejumlah faktor negatif tersebut merupakan masalah-masalah yang dapat muncul dalam program excellent class. Meskipun begitu, Program Excellent Class bisa menjadi solusi yang bagus untuk persoalan akademis tetapi belum bisa menjadi program pendidikan yang terbaik bagi siswa. Karena, pendidikan mempunyai cakupan yang luas, tidak hanya mencakup kemampuan akademis saja.

Pendidikan di Indonesia harus segera diperbaiki supaya dapat menghantarkan anak-anak Indonesia menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas. Program yang telah diciptakan memang bisa menjadi solusi, namun pasti ada resiko didalamnya. Di dalam program excellent class, terdapat beberapa penanganan yang bisa dijadikan solusi untuk memperkecil resiko tersebut seperti

Melaksanakan sosialisasi kepada semua siswa dan orang tua tentang program excellent class. Sosialisasi tersebut harus bertujuan untuk menjelaskan kepada orang tua dan siswa jika tidak ada diskriminasi terhadap siswa excellent class dan siswa di kelas reguler. Hal ini sangatlah penting agar tidak ada konsep yang negatif yang dibentuk karena situasi yang bisa membuat siswa berfikir bahwa mereka tidak spesial, biasa dan tidak mempunyai kelebihan. Dengan pemahaman tersebut maka siswa di kelas reguler bisa tetap percaya diri kepada kemampuan mereka. Demikianlah penejelasan mengenai Program Excellent Class

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Program Excellent Class, Solusi atau Diskriminasi?"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.