Cara meningkatkan prestasi belajar peserta didik

untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik bukanlah suatu perkara yang mudah. Banyak hambatan yang kerap kali ditemui didalam upaya meraih hasil belajar yang baik. Bagi siswa masalah yang dihadapi dalam meraih prestasi belajar yang baik kadang sulit terungkapkan. Hal ini berarti mereka menemui kesulitan untuk mengenali bagaimana dan apa kesulitan belajar yang telah mereka alami. Kebanyakan siswa hanya sadar jika prestasi belajar mereka telah merosot. Sebenarnya, terdapat beragam faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut. Bila dilihat dari hambatan atau kendala, terdapat dua faktor yang menjadi hambatan bagi siswa. Kedua kendala atau hambatan tersebut adalah kendala internal dan kendala eksternal. Kita harus bisa Mengenal beberapa kendala prestasi belajar siswa, agar dapat menentukan jalan keluar yang tepat dalam mengatasi masalah belajar siswa.

Kendala internal merupakan hambatan yang datang di dalam diri siswa sendiri. Seperti kecerdasan/intelegensi question (IQ). Meskipun tidak memiliki sifat mutlak, faktor intelegensi mempunyai pengaruh yang besar terhadap usaha siswa didalam meningkatkan hasil belajar agar optimal. Siswa yang mempunyai nilai IQ di bawah rata-rata biasanya akan mengalami kesulitan didalam menggapai prestasi belajar yang membanggakan. Selain itu, konsentrasi belajar yang sangat rendah juga merupakan suatu hambatan untuk siswa dalam mencapai prestasi belajar yang baik. Biasanya, siswa yang seperti ini akan mengalami kesulitan didalam memusatkan perhatian mereka pada pelajaran/materi yang sedang dipelajari. Akibatnya dari itu semua siswa tidak bisa memahami materi pelajaran dengan maksimal.

Kendala internal ynag lain yang juga sangatlah penting adalah rasa bosan dalam belajar. Hampir setiap siswa pasti pernah merasa kesulitan dalam menghalau kebosanan mereka dalam belajar. Siswa tersebut biasanya mudah bosan dalam menjalani aktivitas yang memiliki sifat monoton dan rutin. Namun, hal yang sangat parah ialah, siswa tidak mengerti atau memahami mengenai manfaat kegiatan belajar mereka. Mereka tidak menemukan apa manfaat belajar bagi diri mereka sendiri, jadi, hal itu menjadi suatu hambatan tersendiri bagi mereka untuk mencapai hasil/prestasi belajar yang maksimal.

Kadang ada juga siswa yang tidak menyukai mapel tertentu. Kadang pelajaran tersebut dianggap sulit, rumit dan membuat kepala mereka pusing. Siswa tersebut memiliki kemungkinan yang besar dalam menghadapi kesulitan didalam uapaya untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal. Selain faktor internal, terdapat pula faktor eksternal. Faktor eksternal adalah hambatan belajar yang berasal dari luar iswa. Hal ini merupakan masalah yang diluar jangkauan kemampuan peserta didik untuk mengatasinya. Contohnya, masalah tentang strategi atau metode pembelajaran yang diberikan oleh guru, lingkungan belajar siswa, masalah ekonomi orang tua, dan struktur mata pelajaran yang sulit. Masalah-masalah tidak bisa dihadapi oleh siswa, namun orang-tua dan pihak sekolah harus mampu bekerja sama dalam mengatsai masalah tersebut. Demikianlah ulasan mengenai Mengenal beberapa kendala prestasi belajar siswa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Cara meningkatkan prestasi belajar peserta didik"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.