Penyebab Pendidikan Di Indonesia Kalah Dengan Negara Lain

Penyebab Pendidikan Di Indonesia Kalah Dengan Negara Lain - Pendidikan memegang peranan penting dalam memajukan suatu bangsa, suatu bangsa tidak akan pernah bisa maju apabila masih mempunyai sumber daya manusia yang dimiliki masih buruk. Oleh sebab itu pendidikan adalah dasar utama dalam memajukan suatu bangsa dan negara. Apabila anda bertanya tanya mengapa Indonesia sampai saat ini masih belum bisa maju dan masih menjadi negara berkembang, padahal Indonesia merdeka sejak 1945. Salah satu penyebab hal tersebut adalah sistem pendidikan di Indonesia yang buruk, sistem pendidikan yang kurang baik akan menciptakan generasi muda yang buruk. Generasi muda yang buruk akan menciptakan sumber daya manusia yang kurang baik. Oleh sebab itu tidaklah heran apabila kita selalu kalah apabila dibanding negara lain. Indonesia mempunyai sistem pendidikan yang paling buruk di dunia, itulah sebabnya tidak akan ada negara yang akan menganut sistem pendidikan Indonesia. Inilah fakta pendidikan di indonesia yang menjadi Penyebab Pendidikan Di Indonesia Kalah Dengan Negara Lain.

Indonesia menggunakan sistem ujian UAS dan juga UN, yang mana sistem ini mengajarkan pada siswa bahwa belajar hanya memiliki tujuan untuk lulus, oleh sebab itu belajar selama 3 tahun di sekolah baik di SMP maupun SMA hanyalah demi memenuhi target lulus. Belajar bukan lagi bertujuan untuk meningkatkan potensi diri seperti hal nya di negara - negara lain. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika lulusan SMA bahkan lulusan perguruan tinggi pun tidak dapat melakukan apa - apa atau bisa dikatakan tidak mempunyai skill. Disamping itu, peserta didik di sekolah dasar dan bahkan sejak TK sudah dibebani dengan adanya berbagai macam tugas dan PR. Sedangkan di negara lain dengan pendidikan yang baik seperti Finlandia, mereka tidak pernah membebani siswa dengan tugas maupun PR selama 6 tahun pendidikan pertama siswa. Jadi selama disekolah dasar tidak akan ada tugas ataupun pr bagi siswa SD di Finlandia. Sedangkan di Indonesia anak - anak dituntut untuk terus mengerjakan tugas dan juga untuk belajar karena adanya ujian nasional, dan lebih –lebih mereka sering sekali diancam akan tidak lulus. Itulah fakta wajah pendidikan di Indonesia.

Di Finlandia tidak diperkenalkan sistem strata sekolah. Namun di Indonesia hal tersebut menjadi hal yang umum, mulai dari SMA RSBI, SMA RSI, SMA PINTAR dan lain sebagainya. Namun dalam beberapa waktu lalu RSBI/RSI telah ditiadakan oleh kementrian pendidikan. Sistem yang seperti ini akan menumbuhkan kasta baru didalam dunia pendidikan Indonesia dan tentunya tidak memiliki manfaat sama sekali. Disamping itu, tenaga pengajar dan juga guru di berbagai negara maju tidak pernah memarahi ataupun menyalahkan setiap tugas atupun pekerjaan dari setiap peserta didik yang slah. Hal seperti itu bisa menyebabkan siswa malu dan akan memiliki rasa kurang percaya diri. Hal tersebut sangatlah beda dengan pendidikan di Indonesia dimana guru tidak pernah merasa ragu atau pun iba untuk membentak muridnya. Demikianlah beberapa Penyebab Pendidikan Di Indonesia Kalah Dengan Negara Lain.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Penyebab Pendidikan Di Indonesia Kalah Dengan Negara Lain"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.