Inovasi Wajib Belajar 12 Tahun

Inovasi Wajib Belajar 12 Tahun – Perencanaan program Wajib belajar untuk 12 tahun, mempunyai 2 konsekuensi dalam pelaksanaannya. Semua anak akan diwajibkan wajib sekolah hingga batas yang telah ditentukan dari pemerintah. Di sisi lainya, pemerintah juga diwajibkan mengeluarkan biaya dan menyediakan semua fasilitas yang menunjang untuk mewujudkan Inovasi Wajib Belajar 12 Tahun secara gratis.

Pembangunan pada sumber daya manusia memiliki peranan yang penting untuk kesinambungan dan kesuksesan pembangunan Nasional. Sehingga peningkatan dan pembangunan kualitas pada sumber daya manusia harus dirancang dan diperhatikan secara seksama terhadap pemikiran yang harus matang. Bangsa yang maju tentunya mendambakan rakyat yang tentram, adil, sejahtera dan damai. Kemajuan milik bangsa bisa dinilai dari bagaimana pelayanan dan penyelenggaraan pendidikan pada rakyatnya di suatu negara tersebut berlangsung. Negara yang lebih maju dan modern, tingkat pendidikannya akan relatif lebih baik dibandingkan dengan negara yang berkembang.

Dengan teknologi yang maju di era globalisasi pada saat ini, manusia harus selalu meningkatkan cara berpikir melalui perbaikan dan penciptaan dalam menginovasi supaya peradaban manusia lebih meningkat seiring adanya perkembangan jaman yang begitu pesat. Pada kenyataannya terbukti belum adanya cara yang lebih inovasi pada upaya peningkatkan kualitas yang baik untuk sumber daya manusia dengan selain melalui pendidikan. Hanya dengan melalui pendidikanlah satu-satunya alat agar manusia dapat menigkatkan kemampuannya.

Pada teori inovasi pendidikan mengatakan bahwa ketertinggalanya pendidikan akan menjadikan kebodohan. Kebodohan selalu berkorelasi terhadap kemiskinan. Dari pernyataan tersebut bisa disimpulkan bahwa dalam meningkatkan kesejahtraan bangsa dan rakyat nya, maka strategilah yang seharusnya ditingkatkan dan diperbaiki yaitu dari sisi pendidikannya seperti Inovasi Wajib Belajar 12 Tahun. Hanya pelayanan pendidikan yang memadailah, manusia dapat meningkatkan kompetensi yang baik, supaya bisa menggunakan kompetensinya dengan maksimal untuk menghadapi segala hambatan hidup yang semakin meningkat tajam.

Agar Inovasi Wajib Belajar 12 Tahun bisa berjalan secara lancar. Perlu dipikirkanlah hal-hal yang bisa menunjang serta hambatan-hambatan apa saja yang muncul, dimulai dari perencanaan, sosialisasi kepada masyarakat hingga pelaksanaan dilapangan nya. Semua itu harus direncanakan secara sebaik-baiknya. Ada tiga hal yang seharusnya diperhatikan oleh pemerintah dalam mewujudkan wajib belajar 12 tahun di negara Indonesia. Yakni , sisi legislasi, praktek dan konsep dasar.

Pada legislasi, pemerintah dan anggota DPR seharusnya untuk merevisi Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan. Dalam hal prakteknya, ada hambatan di dalam hal infrastruktur, di Indonesia masih banyak kekurangan dibanding siswanya, supaya pemerintah tidak dapat hanya mengamati dari jumlah sekolah dalam mewujudkan program tersebut. Pemerintah dapat menjadikan bengkel-bengkel belajar, yang telah banyak di implementasikan masyarakat sebagi salah satu bentuk tempat pendidikan siswa. Di samping itu, banyak tempat pelatihan untul kerja yang dapat juga dijadikan salah satu bentuk untuk menyetarakan sekolah menengah atas dalam wujud wajib belajar 12 tahun dapat tercipta. Demikianlah Inovasi Wajib Belajar 12 Tahun.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Inovasi Wajib Belajar 12 Tahun"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.