Soal ppg dalam jabatan dan kunci jawaban - terlebih dahulu saya ucapkan selamat kepada peserta Program pendidik guru yang telah diundang dan terdaftar tahun 2017. Bagi anda yang belum diundang jangan berkecil hati, karena anda bisa melapor ke admin ppg pusat di alamat formulir pengaduan berikut : http://gg.gg/PPGJ-Usulan
Adapun pada postingan kali ini admin ingin berbagi soal-soal pretest ppg dalam jabatan beserta kunci jawaban yang bisa bapak dan ibu guru download melalui tautan yang kami sematkan dibawah
- download 100 Soal Pretest ppgj tes 1 - PELAJARI SOAL tes ppgj
- Latihan SOAL Pretest ppgj tes tes ppgj 2 - PELAJARI SOAL tes ppgj 2
- download 100 SOAL Pretest ppgj tes 3 - PELAJARI SOAL 3
- Tambahan 100 Soal PLPG dan Kunci Jawaban PELAJARI SOAL Doc
Latihan soal ppgj 2017 bisa anda pelajari dibawah ini sebagai referensi. Semoga bermanfaat
69. Menggambarkan
sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. tujuan penilaian
B. prinsip penilaian
C. fungsi penilaian
D. hasil penilaian
70. Mengetahui tingkat
penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan
belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran
remidial dan program pengayaan merupakan….
A. prinsip penilaian
B. tujuan penilaian
C. fungsi penilaian
D. bentuk penilaian.
71. Assesment hasil
belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut,
kecuali:
A. objektif
B. adil
C. kooperatif
D. terpadu.
72. Penilaian yang
didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut
merupakan prinsip penilian yang:
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
73. Penilaian yang
dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya,
hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. akuntabel
C. valid
D. sistematis
74. Penilaian yang
dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang
baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
75. Di bawah ini
beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar
peserta didik, kecuali….
A. ditujukan untuk
mengukur pencapaian kompetensi
B. menggunakan acuan
kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C. ditindaklanjuti
dengan program remedial dan pengayaan
D. dilakukan
pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek
76. Program
pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai
dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran
remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di
atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran
remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
77. Berdasarkan data
hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya
tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga
mengikuti program remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang
mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan
oleh guru dengan cara...
A. Mengadakan
pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B. Digabung dengan
siswa yang belum tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan materi
pada KD selanjutnya
D. Memberi tugas
mengerjakan Lembar Kerja Siswa
78. Upaya merancang
pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak
dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan tambahan
materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan test
tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan tambahan
sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut
instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi
bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
79. Dasar rancangan
program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan
belajar ….
A. proses pengajaran
remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan pengajaran
remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting
pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang
dipilihhanya berbentuk test ulang
80. Salah satu prinsip
merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat rancangan
pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang
saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
81. Agar dapat menyusun
hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan. Salah
satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang
pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah
...
A. merumuskan masalah
B. mengidentifikasi
masalah
C. Merancang PTK dengan
mengajukan hipotesis tindakan
D. menyusun proposal
penelitian
82. Mengetahui proses
tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan
kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah
tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
A. refleksi
B. observasi
C. perencanaan
D. pelaksanaan
83. Model rancangan PTK
terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus
menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian
lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
A. A. observasi -->
refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. refleksi -->
perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C. perencanaan -->
observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. perencanaan -->
pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
84. Rumusan masalah
dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A. Apakah pengaruh
permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2
Boyolali?
B. Bagaimana cara
meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya
jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa siswa SMA
Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?
D. Bagaimana cara
menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
85. Dalam Penelitian
tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....
A. kerisauan guru akan
kinerjanya di kelas yang diajar
B. keriasauan pendidik
akan mutu pendidikan
C. keinginan untuk
membantu guru
D. kepedulian peneliti
akan kinerja guru
86. Di bawah ini adalah
prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi Arikunto,
kecuali….
A. Kesadaran diri untuk
memperbaiki kinerja
B. Kegiatan yang
direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya empiris dan
sistematis
87. Pola
perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus
merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan data
B. Menganalisis masalah
C. Mencapai tujuan
D. Menentukan ruang
lingkup
88. Peran guru dalam
PTK adalah sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C. Guru dan Peneliti
D. Objek Penelitian
89. Berikut ini
kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A. Pelaksanaan tindakan
B. Observasi dan
intepretasi
C. Diskusi balikan
D. Analisis data
90. Tujuan PTK adalah…
A. Perbaikan KBM
B. Menyusun teori baru
C. Memperbaiki teori
D. Menyusun
generalisasi
91. Merenungkan kembali
tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut
PTK merupakan…
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
92. Latar belakang,
tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK
khususnya pada bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi
penelitian
93. Persiapan awal
dalam PTK adalah…
A. Menyiapkan cara
wawancara
B. Membuat analisis
kelayakan hipotesis
C. Membuat rencana
(perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D. Menyiapkan fasilitas
dan sarana
94. Proposal penelitian
dalam PTK adalah….
A. Usulan untuk
mendapatkan dana penelitian
B. Uraian tentang
komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C. Uraian projek
penelitian pendidikan
D. Perencanaan
sistematik untuk melaksanakan PTK
95. Berikut ini
langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A. Formulasi solusi
dalam bentuk hipotesis tindakan
B. Analisis kelaikan
hipotesis tindakan
C. Persiapan tindakan
D. Observasi dan
inperetasi.
96. Kegiatan yang harus
dilakukan setelah pembelajaran adallah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak
hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan
dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A. untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. untuk mencapai
kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin
komunikasi positif dengan pendidik.
C. untuk meningkatkan
motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D. untuk mencapai
kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi
positif dengan peserta pendidik.
97. Kegiatan yang harus
dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan
refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….
A. Untuk menganalisis
tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
B. Untuk melakukan
evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
C. untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk mengembangkan
model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
98. Kegiatan refleksi
merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah
guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran.
Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya
adalah ....
A. Hasil penilaian
pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada kesadaran
pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian
dilaksanakan di akhir pembelajaran
D. Penilaian
dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran
99. Refleksi terhadap
pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu
pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa
prinsip, di antaranya adalah ….
A. Penilaian
dilaksanakan di akhir pembelajaran
B. Ada kesadaran
pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian oleh
peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil penilaian
pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
100.Untuk mengetahui
keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah peserta didik
mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan
peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang kesulitan-kesulitan yang
dihadapi peserta didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang
dapat menjelaskan memberikan penjelasan tetang hasil wawancara atau pengamatan
diantaranya adalah ...
A. Mengapa peserta
didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah proses
pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
C. Apakah kompetensi
awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. mengapa peserta
didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita
lakukan
Demikian, soal pretest ppgj yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat untuk guru sd, smp, sma dan smk peserta ppg tahun 2017.
0 Response to "soal pretest ppgj dan kunci jawaban"
Post a Comment
Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.