Penjelasan NISN Tentang 3 Digit Pertama Dan Terakhir

Berikut adalah info tentang NISN mengenai Diskusi terbuka seputar NISN oleh admin PDSP Bapak taufik Lone. Beliau memposting informasi tersebut dengan Thema : 3 digit pertama NISN tidak harus sama dengan 3 digit terakhir tahun lahir. Baiklah silahkan rekan-rekan ops baca dan pahami penjelasan ini

Secara proses, pemberian NISN untuk Peserta Didik dilakukan setelah Oerator sekolah melakukan entri data melalui aplikasi dapodikdas, dan saat itulah 3 digit pertama NISN disesuikan dengan 3 digit terakhir tahun lahir

Dasar pemahaman : Penerapan 3 digit pertama NISN agar sama dengan 3 digit terakhir tahun lahir akan menjadi sangat sulit bila di terapkan mengingat sampai saat ini kesadaran Masyarakat terhadap administrasi kependudukan masih minim, hal tersebut disebabkan karena :
1) kurangnya sosialisasi terhadap pentingnya administrasi kependudukan,
2) Penundaan proses pengurusan administrasi kependudukan dikarenakan letak geografis,
3) Minimnya sarana dan prasarana di daerah terpencil dan kepulauan

Dikarenakan kendala tersebut, seringkali ketika Sekolah menerima Formulir Peserta Didik, data yang dimasukan tidak mengacu pada berkas administrasi kependudukan sehingga data tersebut tidak selalu benar.

gambar NISN

Untuk mengantisipasi hal tersebut maka di sediakan fitur edit data individu peserta didik untuk kolom perbaikan Nama dan Tanggal lahir, dan dalam proses tersebut sangat mungkin sekali terjadi perubahan pada tahun lahir peserta didik. Dengan mengacu pada "3 digit pertama NISN tidak harus sama dengan 3 digit terakhir tahun lahir.", maka setelah melakukan perbaikan data individu Peserta Didik, OPS tidak harus melakukan perubahan pada NISN.