Edit File PDF Formulir Sekolah, PD Dan PTK Dapodikdas Ke Word

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips cara mengedit file-file PDF ke Word khususnya Formulir yang diperlukan untuk mempermudah proses pendataan pada Sekolah anda yang nantinya akan berguna pada saat mengentri data ke Aplikasi Dapodik Versi 3.0.0,. Formulir Sekolah, Peserta Didik, PTK dan Rombel yang kita Download dari website dapodikdas kemdikbud format filenya dalam bentuk PDF, sedangkan hasil Download file tersebut akan kita cetak.

Oleh karena itu supaya hasil cetak formulir bagus kita harus mengubahnya ke format document word. Berbeda dengan formulir entri data pada aplikasi sebelumnya ketika dicetak hasilnya terseting dengan ukuran kertas standar seperti A4 atau F4. Nah untuk mempermudah rekan-rekan sekalian saya akan berbagi tutorial cara mengedit file Pdf tersebut ke word agar nantinya bisa kita sesuaikan dengan ukuran kertas yang akan kita Print juga memperbesar Form, ukuran huruf dan lain-lain.

Sekarang ikutilah tutorial di bawah !

  1. Siapkan Formulir Entri dalam bentuk Pdf yang telah anda Download di Website Dapodikdas.
  2. Simpan file tersebut pada komputer anda ( misal : di drive C atau D ).
  3. Selanjutnya komputer anda harus terhubung ke Internet, lalu pada browser ketikkan alamat berikut : http://www.pdfonline.com/pdf-to-word-converter/
  4. Pada halaman utama klik tombol "Upload a file to Convert.." ( seperti gambar di bawah ini ).
  5. Edit File PDF Formulir Sekolah, PD Dan PTK Dapodikdas Ke Word
  6. Pada jendela baru pilih file pdf yang telah anda simpan( misal saya contohkan form rombel) , kemudian klik tombol "open"
  7. Edit File PDF Formulir Sekolah, PD Dan PTK Dapodikdas Ke Word
  8. Tunggu Proses convert file ke Pdf. Jika sudah selesai akan muncul document hasil convert tadi. nah selanjutnya untuk mendapatkan formulir dalam bentuk WORD, disebelah tulisan "Your Document is ready" klik tombol "Download" dan lihat hasilnya :D.
  9. Edit File PDF Formulir Sekolah, PD Dan PTK Dapodikdas Ke Word

Demikianlan tutorial singkat tentang cara mengubah file PDF ke Word. Semoga mempermudah rekan operator dalam proses pendataan Sekolah, Peserta Didik, Pendidik/tenaga kependidikan dan rombel Sekolah. Akhir kata penulis mengucapkan selamat berjuang dan tetap semangat :D.

0 Response to "Edit File PDF Formulir Sekolah, PD Dan PTK Dapodikdas Ke Word"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.