Panduan Hapus Data Sarpras, PTK, PD Ganda Pada Aplikasi Dapodikdas

Banyak sekali masalah muncul pada aplikasi dapodikas baru versi 3.0.0 selain kegagalan saat registrasi ternyata setelah berhasil install kasus baru yang muncul, salah satunya banyak data ganda pada tabel PTK, Peserta didik dan sarana prasana.Hal inilah yang menjadi semangat para Operator Sekolah menurun, bahkan di grup-grup mereka sering mengeluh karena permasalahan ini.

Walaupun pada manual instalasi dapodikdas sudah dijelaskan cara menghapus data ganda pada aplikasi dapodikdas, tapi tetap saja penghapusan berbeda dengan aplikasi sebelumnya, sebab pada aplikasi terbaru ini, kita harus menghapus data turunan yang berkaitan dengan tabel/data yang akan dihapus. Jika tidak teliti atau mengetahui prosedurnya dengan benar, maka data ganda tidak bisa dihapus.

Masalah ini juga saya rasakan sendiri ketika data pada tabel sarana dan prasarana sekolah saya banyak yang ganda. Namun setelah saya pelajari maksud dari data turunan pada manual instalasi dapodikdas akhirnya saya berhasil menghapus data ganda tersebut.

Pada tutorial ini saya hanya memberikan panduan cara menghapus data sarpras ganda. Bagi teman-teman yang ingin menghapus data PTK dan PD Ganda caranya sama. selanjutnya Ikuti langkah-langkah di bawah

  1. Untuk menghapus data sarpras, PTK, PD ganda pada aplikasi dapodikdas versi baru ini. kita haru menghapus data turunannya terlebih dahulu, pertama loginlah pada Priode Ganjil tahun 2013-2014.
  2. Panduan Hapus Data Sarpras, PTK, PD Ganda Pada Aplikasi Dapodikdas
  3. Selanjutnya menuju ke tabel Rombongan belajar, Pilih rombel yang berkaitan dengan data prasarana ganda ( misal : Ruang kelas 8.1 ).
  4. Untuk menghapus prasarana kelas 8.1 ganda, kita harus menghapus rombelnya, nah agar berhasil menghapus rombel tersebut, anda harus mengeluarkan semua anggota rombel kelas 8.1 dan menghapus pembelajarannya satu persatu.
  5. Panduan Hapus Data Sarpras, PTK, PD Ganda Pada Aplikasi Dapodikdas
  6. Setelah berhasil mengikuti langkah no 3 diatas, lanjutkan dengan menghapus rombongan belajar, caranya klik tombol hapus, pilih Ya.
  7. ( "lakukan langkah-langkah seperti di atas jika data rombel banyak yang ganda. Jika data sarpras ganda tidak terkait dengan tabel rombongan belajar, langkah no 1 s/d 4 diabaikan saja, ikuti langkah NO 5" ).
  8. Selanjutnya menuju Tabel Sarpras. pilih jenis data prasarana ganda.
  9. Klik tombol "Input Kondisi ganjil 2013/2014". pada jendela yang muncul klik tombol "hapus" lalu pilih Ya.
  10. Panduan Hapus Data Sarpras, PTK, PD Ganda Pada Aplikasi Dapodikdas
  11. Langkah selanjutnya pada tabel data pelengkap sarana, kita akan menghapus data turunan sarana ( jika ada ). caranya pilih jenis sarana dan klik tombol "lengkapi data periodik ganjil 2013/2014".
  12. Pada tabel "Input status dan jumlah sarana" klik tombol "hapus".
  13. Panduan Hapus Data Sarpras, PTK, PD Ganda Pada Aplikasi Dapodikdas
  14. Jika data ganda lebih dari 1, hapus semua data ganda priode 2013-2014 seperti langkah-langkah di atas.
  15. Setelah mengikuti langkah di atas barulah kita bisa menghapus data sarpras ganda pada priode ganjil 2014-2015. Caranya keluar dari login aplikasi priode 2013-2014.
  16. Login ke aplikasi priode ganjil 2014-2015.
  17. Selanjutnya Ikuti langkah Nomor 5 sampai langkah nomor 9
  18. kemudian klik tombol hapus pada bagian Sarana, pilih Ya.
  19. Pada tabel "data turunan sarana" klik tombol hapus. ( Jika tabel sarana data periodik 0, maka data sarana akan berhasil dihapus ).
  20. Panduan Hapus Data Sarpras, PTK, PD Ganda Pada Aplikasi Dapodikdas
  21. Ulangi Langkah nomor 8 dan 14 sampai data sarana terhapus semua.
  22. Selanjutnya ikuti "langkah nomor 6", lalu pada tabel jenis prasarana klik tombol Hapus, pilih ya.
  23. Langkah terakhir perhatikan data turunan prasarana, jika semua tabel jumlah 0, klik tombol hapus.
  24. Panduan Hapus Data Sarpras, PTK, PD Ganda Pada Aplikasi Dapodikdas

Ulangilah langkah-langkah di atas dari nomor 1 sampai nomor 17 untuk menghapus data-data ganda. panduan tersebut berlaku juga untuk penghapusan data PD dan PTK ganda. Jika langkah-langkah di atas masih belum berhasil atau kurang dipahami silahkan bertanya lewat komentar atau hubungi saya melalui nomor ini : 0852732616532. Insya allah saya akan membantu.

Silahkan Download Panduan Hapus Data Sarpras, PTK, PD Ganda.

1 Response to "Panduan Hapus Data Sarpras, PTK, PD Ganda Pada Aplikasi Dapodikdas"

  1. Situs pembelajaran online yang berfungsi membantu guru untuk mengajar dan membantu peserta didik untuk belajar. Dengan ribuan konten materi pelajaran, dilengkapi dengan latihan soal, serta aplikasi ujian nasional yang dapat di akses secara GRATIS. Dikemas dalam bentuk media belajar digital, e-comic (komik edukasi), dan video tutorial sehingga belajar menjadi seru dan menyenangkan.
    Yuk kunjungi Media Belajar Digital

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.