Peningkatan Kualitas Guru Melalui Sertifikasi

Peningkatan kualitas guru melalui sertifikasi - Mutu pendidikan di Negara Indonesia memang masih sangat rendah dan tertinggal. Adapun salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan yang berada di Indonesia ini ialah mutu guru. Adapun salah satu langkah pemerintah untuk meningkatkan kualitas para guru ini lewat program sertifikasi guru. Adapun pemberian sertifikat guru ini ialah bertujuan supaya guru bisa meningkatkan kinerjanya serta dampak yang diharapkan dari meningkatnya kinerja guru ini ialah tercapainya peningkatan mutu hasil pendidikan serta tercapainya tujuan pendidikan yang nasional.

Adapun kinerja guru secara konseptual ini merupakan gambaran dari hasil kerja seorang guru di dalam mengelola dan juga melaksanakan tanggungjawab yang dimiliki. Memang ada pendapat yang berkembang bahwa sebetulnya sertifikasi merupakan salah satu alat peningkatan kualitas guru melalui sertifikasi demi meningkatkan dan juga kesejahteraan guru. Memang motivasi kerja yang tinggi ini justru telah ditunjukkan oleh para guru yang belum pernah mengikuti sertifikasi sebelumnya dengan harapan segera bisa disertifikasi. Dan berkaitan dengan adanya berita yang telah berkembang di masyarakat, maka para peneliti ini ingin membuktikan apakah benar program sertifikasi ini tidak mempunyai pengaruh pada kinerja guru.

artikel Tentang Sertifikasi

Adapun beberapa permasalahan di dalam penelitian ini ialah tentang bagaimana kinerja guru sejarah yang berada di SMA, Bagaimana pengaruh program sertifikasi guru pada kinerja guru. Dan tujuan dari penelitian ini ialah untuk menjelaskan tentang kinerja guru SMA Negeri. Selanjutnya menjelaskan tentang pengaruh program sertifikasi pada kinerja guru SMA. Populasi di dalam penelitian ini ialah semua guru sejarah, baik yang sudah sertifikasi atau guru yang belum menempuh sertifikasi.

Penelitian ini juga termasuk jenis dari penelitian eksplanasi dengan adanya pendekatan kuantitatif. Program sertifikasi sebagai variabel bebas dan juga kinerja guru sebagai variabel yang terikat. Adapun kinerja guru ini juga terdiri dari sub variabel yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial serta kompetensi profesional. Dan untuk teknik pengumpulan datanya ini memakai kuesioner. Kuesioner ini disebarkan pada responden yakni para siswa.

Adapun untuk hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru SMA Negeri, baik guru yang sudah sertifikasi atau guru yang belum sertifikasi mempunyai kinerja yang baik. Dan berdasar pada hasil analisis ini diketahui bahwa program sertifikasi guru ini sangatlah berpengaruh pada kinerja guru SMA.

Dan berdasar pada hasil penelitian ini, maka guru yang sudah sertifikasi ini alangkah lebih baik untuk tetap meningkatkan kinerjanya supaya guru ini selalu kreatif dan juga inovati sehingga para guru ini akan tampil sebagai guru yang berkompeten pada bidangnya. Dan bagi guru yang belum menempuh sertifikasi ini alangkah lebih baik harus juga selalu terpacu untuk meningkatkan kinerjanya seperti dengan membekali diri dengan berbagai program pendidikan supaya ada peningkatan kualitas guru melalui sertifikasi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Peningkatan Kualitas Guru Melalui Sertifikasi"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.