Bentuk Soal UN 2015 Masih Pilihan Ganda

Berikut info pendidikan mengenai Soal UN tahun 2015. Kabarnya Bentuk soal Ujian Nasional 2015 masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya dan Standarnya juga masih sama, tetapi tidak menentukan kelulusan.
"Semua (soalnya) masih pilihan ganda baik yang menggunakan kertas maupun yang menggunakan komputer," kata Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kapuspendik Balitbang Kemendikbud) Nizam saat memberikan keterangan pers di Kemdikbud, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Nizam menyampaikan hal tersebut menanggapi keresahan publik atas pemberitaan di media yang menyebutkan bentuk soal UN 2015 tidak lagi menggunakan pilihan ganda. "Supaya semua kondusif, saya ingin sampaikan UN di 2015 bentuk-bentuk soalnya masih sama dengan tahun 2014, 2013, dan 2012,".

Pihaknya juga meralat jadwal pelaksanaan UN untuk jenjang SMP sederajat dari yang diumumkan sebelumnya yaitu 4-6 Mei 2015 menjadi 4-7 Mei 2015, sedangkan untuk jenjang SMA sederajat tetap 13-15 April. Ini Dikarenakan untuk SMP ada empat mata pelajaran. Seluruh persiapan Insya Allah sesuai jadwal.

Pada kesempatan tersebut Nizam menyampaikan, pihaknya baru-baru ini mendapatkan kunjungan dari delegasi Malaysian Qualifications Agency (MQA) semacam Badan Standar Nasional Pendidikan plus Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi di Indonesia. Dia mengatakan, MQA selama beberapa tahun terakhir menggunakan hasil UN untuk seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Malaysia dengan bobot 90 persen.

Anak Indonesia kalau mau mendaftar di Malaysia cukup menggunakan hasil UN. Sebanyak 10 persen adalah prestasi seni, olahraga, dan pengalaman berorganisasi," selain digunakan oleh kampus di Malaysia, hasil UN juga digunakan sebagai persyarakan masuk PTN di Hongkong.

Nizam menambahkan, pada tahun ini mulai dirintis UN berbasis komputer secara daring atau online. Pihaknya telah mengirimkan data sebanyak 862 sekolah kepada dinas pendidikan provinsi untuk diverifikasi kelayakan. “Soalnya setara dengan yang berbasis kertas. Model soal pilihan ganda dan waktunya juga sama.

Sumber : Facebook Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Di https://www.facebook.com/Kemdikbud.RI/posts/686457974796979