Aplikasi Dapodikdas Versi 3.0.0

Selamat Siang, Berhubung terdengar gosip bahwa bulan agustus ini aplikasi Dapodikdas versi 3.00 akan segera diterbitkan, saya sebagai salah satu operator sekolah ingin memberikan beberapa saran kepada rekan-rekan sekalian mengenai persiapan kita jika nanti aplikasi tersebut sudah bisa di download.

Adapun informasi ini bersumber dari operator kabupaten di daerah saya yaitu bapak Trisna Santrisna, berikut saran-saran yang beliau sampaikan melalui posting di grup pendataan kabupaten muara enim di sosial media Facebook

  1. Jika nanti aplikasi Dapodikdas Versi 3.0.0 telah terbit, silahkan download melalui link resmi : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
  2. Setelah sukses mendownload file installernya, jangan melakukan instalasi terlebih dahulu ke laptop atau komputer anda sebelum mendapatkan aba aba dari Operator kabupaten masing-masing (untuk antisipasi segala sesuatu yang tidak kita inginkan bersama).
  3. Hati-hati terhadap penggunaan Kode Registrasi karena kode itu bersifat Sangat Rahasia.
  4. Menurut info dari pusat, akan ada fitur RESET untuk Kode Registrasi (diutamakan bagi sekolah yang bermasalah).
  5. Jika ada sekolah yang akan me-RESET Kode Registrasi, sampaikan permintaan RESET tersebut ke saya secara tertulis yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan.
  6. Siapkan bahan bahan yang akan di entri ke dalam aplikasi Dapodikdas 3.0.0 sebaik dan selengkap mungkin dan sesuai dengan kondisi yang ada di sekolah pada tahun ajaran 2014/2015.
  7. Siswa lulus, keluar atau PTK mutasi JANGAN DI HAPUS/DELETE DATANYA, tapi registrasikan sesuai dengan keterangannya agar tersimpan sebagai data historical. Tahun kemarin cara hapus ini karena ketidaktahuan masih banyak dilakukan oleh OPS, akibatnya status siswa dan PTK jadi bermasalah.

Demikianlah Informasi mengenai persiapan Operator Sekolah dalam menghadapi aplikasi Dapodikdas Terbaru versi 3.00. Terima kasih