Panduan Menyimpan NISN Dari Vervalpd Ke Excel

Vervalpd NISN di Website PDSP merupakan salah satu tugas operator sekolah yang harus dikerjakan guna memastikan setiap peserta didik di sebuah sekolah memilikinya. Selain itu, vervalpd adalah sumber data valid baik itu Nama, tempat tanggal lahir dan NISN siswa dalam artian sebuah arsip sekolah yang harus disimpan.

Oleh karena itu, disini saya menyarankan agar rekan-rekan OPS mengarsipkannya ke dalam bentuk file juga Print out sebagai dasar dan bukti apabila sewaktu-waktu ada peserta didik di sekolah anda menanyakannya untuk kebutuhan pendaftaran Mahasiswa baru anda tidak perlu repot lagi mencari NISN Siswa tersebut.

Adapun di kesempatan ini saya akan berbagi sedikit cara agar NISN siswa yang ada di website vervalpd bisa anda simpan kedalam format microsoft excel sebagai arsip sekolah. Nah, bagi rekan-rekan operator sekolah yang belum tahu caranya bisa mengikuti panduan dibawah.

  1. Login ke halaman vervalpd menggunakan username dan password sekolah anda.(jika belum tahu silahkan pelajari lebih lanjut tentang cara vervalpd di sdm-pdsp)
  2. Selanjutnya di halaman utama klik menu "referensi"
  3. Arahkan kursor anda ke halaman bawah lalu klik tombol "Page size"
  4. Sesuaikan dengan jumlah peserta didik disekolah anda (misal : 100 siswa, pilih 100)
  5. gambar cara menyimpan NISN ke Excel
  6. Langkah berikutnya Blok/select keseluruhan data NISN, nama siswa, yang ada dilaman vervalpd yang akan anda simpan seperti gambar dibawah
  7. gambar1 cara menyimpan NISN ke Excel
  8. Tekan "ctrl + C" di keyboard laptop anda
  9. Buka program microsoft excel, pada laman tekan "CTRL+A" lalu klik kanan, pilih "format cell"
  10. gambar1a cara menyimpan NISN ke Excel
  11. Pada tab format cell pilih text lalu tekan tombol "ok"
  12. Selanjutnya pada laman excel klik kanan kembali, lalu pilih "paste special" dan pilih text.
  13. gambar11 cara menyimpan NISN ke Excel
  14. Lihat hasilnya, semua nisn tersusun sesuai urutan abjad nama peserta didik yang ada divervalpd.
gambar111 cara menyimpan NISN ke Excel

Untuk merapikan kolom data NISN di Excel, silahkan atur dan sesuaikan sendiri lebar kolom tersebut. Apakah sampai disini anda memahami panduan tersebut ? jika belum silahkan dibaca dan pratikkan pelan-pelan. Akhir kata, sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Response to "Panduan Menyimpan NISN Dari Vervalpd Ke Excel"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.